728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Minggu, 04 Agustus 2013

Pengiriman Motor Via KA Meningkat

Madiun-Pengiriman paket barang berupa sepeda motor dengan jasa kereta api di Stasiun Madiun, Jawa Timur, meningkat sampai 100 persen atau dua kali lipat menjelang Lebaran tahun 2013.
Pengelola perusahaan jasa pengiriman barang yang bekerja sama dengan PT KAI, Vita, mengatakan, peningkatan paket motor tersebut mencapai 100 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.
"Pada hari biasa sebelumnya, per hari kami hanya mengirim 10 hingga 15 unit sepeda motor. Namun sejak beberapa hari terakhir menjelang lebaran ini, pengiriman meningkat hingga 30 unit motor setiap harinya," ujar Vita.
Menurut dia, hal yang mempengaruhi naiknya jasa pengiriman paket sepeda motor tersebut adalah tingginya kesadaran para pemudik untuk mudik secara aman.
Para pemudik memilih pulang kampung ataupun kembali ke kota tempat bekerja dengan angkutan umum dari pada menggunakan sepeda motor yang risiko di perjalanannya lebih besar akibat padatnya arus lalu lintas.
Biaya pengiriman yang dipatok cukup bervariasi, berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per unit sepeda motor, tergantung dari jauh-dekatnya tujuan.
Vita menjelaskan, biaya untuk pengiriman paket kendaraan melalui jasa kereta api tersebut mengalami kenaikan sebesar 10-20 persen tergantung dari tujuan. Kenaikan harga tersebut sebagai dampak dari kenaikan harga BBM dan tarif pajak dari PT KAI.
"Meski tarifnya naik, hal tersebut tidak mengurangi antusiasme konsumen untuk menggunakan jasa pengiriman lewat kererta. Konsumen cukup sadar tentang hal itu, apalagi harga BBM telah naik," tambahnya.
Nantinya, para pemiliknya bisa mengambil kendaraan atau motornya di stasiun tujuan dengan menunjukkan surat tanda nomor kendaraan (STNK) asli.
"Kalau di stasiun pengiriman, pemilik motor menyerahkan fotokopi STNK sepeda motor dan fotokopi KTP. Nanti saat mengambil di stasiun tujuan, pemilik tinggal menunjukan STNK asli dan kuitansi pengiriman," jelasnya.
Sementara itu salah seorang pengirim barang, Suwadi, mengaku memilih mengirimkan sepeda motor miliknya lewat jasa pengiriman barang. Sebab, selain aman juga lebih mudah.
"Saya baru beli sepeda motor di Madiun. Rencananya selesai lebaran akan saya gunakan untuk bekerja di Jakarta," ungkapnya.
Jumlah pengiriman kendaraan tersebut diperkirakan masih terus bertambah hingga lebaran mendatang. "Pengiriman sepeda motor paling banyak adalah tujuan Jakarta, Bandung, Bogor, Cirebon, dan Surabaya," kata Vita.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pengiriman Motor Via KA Meningkat Rating: 5 Reviewed By: Unknown