728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Jumat, 19 Oktober 2012

Aneka Zat Penghambat Diet

Program diet seringkali dilakukan sebagian orang yang bermasalah terhadap berat badan. Namun tak sedikit juga faktor penghambat program tersebut.

Salah satunya adalah zat adiktif yang diklaim para peneliti

menjadi penghambat program diet.

Para peneliti yang tergabung dalam studi di Harvard University menemukan bahwa saat ini tubuh manusia sudah menganggap pengganti gula serta beberapa zat adiktif yang kerap digunakan dalam makanan sebagai karbohidrat.

Lantas apa saja zat adiktif yang bisa menghambat program diet yang sering dilakukan para wanita?

Pengganti gula

Pengganti gula buatan dapat menipu indra pengecapdengan berpikir bahwa Anda mengonsumsi gulaasli. Namun masalahnya adalah gula buatanakan menipu pankreas sehingga memproduksihormon insulin sama seperti saat Anda mengonsumsi gula murni.

Sebagai solusi, usahakan mengonsumsi makanan mengandung protein terlebih dahulu sebelum Anda mengkonsumsi gula buatan. Protein dapat memperlambatpenyerapan molekul-molekul makanan makanan lewat dinding usus sehingga pemanis buatan ini tidak meningkatkan kadargula darah.

Hindari pemanis buatan yang mengandung neurotoxins yang dapat menyebabkan iritasi pada saraf mata.

Lemak jenuh

Lemak jenuhmembuat insulin dalam tubuh meningkat tajam hanya dalam satu menit setelah makanan yang mengandung lemak ini dicerna tubuh, karena tubuhtidak mengenal cara mengurainya.

Akibatnya tubuh akan mengenali lemak jenuhsebagai karbohidrat yang dihaluskan. Cara menghindarinya, ganti minyak goreng yang Anda gunakan dengan minyak gorenglemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun, minyak kacang tanah, atau minyak canola.

Glutamates

Adalah asam amino buatan yangdigunakan untuk menambah citarasa pada makanan. Saat ini di pasaran banyak dijual glutamates dalam berbagai bentuk dengan nama berbeda. Salah satunya jenisnya adalah Monosodium glutamates atau MSG.

Para ahli mengatakan, dalam tiga menit setelah Anda mengonsumsi makanan mengandung glutamates, tubuh akan melepaskan insulin dengan kadar tinggi. Lalu reseptor pada indra pengecap akan mengirimkan sinyal kepada otak sehingga Anda memiliki keinginan makan lebih banyak lagi.

Saat ini glutamates terkandung padabanyak makanan, maka diharapkan Anda lebih berhati-hati saat menentukan makanan yang akan dikonsumsi. Sebagai solusi, periksalah label pada setiap kemasan makanan.

Jika pada daftar komponen terdapatautolyzed yeast, gelatin, glutamic acid, hydrolyzed or textured protein, sodium or calsium caseinate atau yeast food or extract, maka lebih baik dihindari saja. [mor]

R
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Aneka Zat Penghambat Diet Rating: 5 Reviewed By: Unknown