728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Jumat, 19 Oktober 2012

Budayakan Mencuci Tangan

Hingga saat ini penyakit infeksi menular seperti diare, dan infeksi saluran pernapasan masih menjadi masalah kesehatan anak-anak secara global termasuk Indonesia.

Karenanya, edukasi pada anak-anak dan keluarga tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan melalui hal

yang paling sederhana yakni cuci tangan pakai sabun harus menjadi budaya yang ditanamkan sejak dini.

Menteri kesehatan RI Dr Nafsiah Mboi mengungkapkan hal ini dalam acara peringatan hari cuci tangan pakai sabun se dunia 2012 di SDN Karet, Setiabudi 03, 04,05,06 Jakarta Pusat, Senin (15/10).

"Kegiatan cuci tangan pakai sabun semacam ini jangan hanya sebagai ceremony, tetapi harus menjadi budaya atau gaya hidup sehat yang dimulai sejak dini," jelas Menkes.

Menurut Menkes, kebiasaan cuci tangan pakai sabun itu seharusnya dilakukan pada waktu-waktu penting, yakni sebelum makan, sebelum memegang/mengolah/menyiapkan makanan, setelah buang air besar, setlah menceboki anak, serta setelah kontak dengan hewan atau tanah.

Selain itu, sambung Menkes, hendaknya membiasakan juga menggunting atau membersihkan kuku secara teratur.

Sementara, perwakilan UNICEF untuk Indonesia, Angela Kearney memaparkan data WHO memperkirakan bahwa infeksi diare mengancam kehidupan 1,87 juta anak balita setiap tahun di seluruh Indonesia, membuat diare penyebab kematian bayi dan balita kedua terbanyak setelah pneumonia.

"Cuci tangan pakai sabun dapat mengurangi hampir setengan kasus kejadian diare dan seperempat kasus infeksi pernapasan (termasuk pneumonia). Perilaku ini juga mengurangi risiko penyakit lainnya. CTPS jelas merupakan cara yang paling efektif dan murah untuk pencegahan, namun banyak orang tidak melakukannya," urai Angela.

Pada kesempatan yang sama Menkes juga memberikan semangat kepada para Duta Sanitasi, sekaligus berpesan kepada para orang tua, guru sekolah, serta seluruh mitra terkait untuk senantiasa dapat menyediakan sarana /prasarana air bersih dan sanitasi serta tempat cuci tangan dalam jumlah yang memadai, serta melakukan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kapada masyarakat.

"Karena itu, ajaklah teman-teman dan masyarakat di sekitar untuk membiasakan perilaku cuci tangan pakai sabun, sebuah perilaku sederhana tetapi berdampak luar biasa. Hendaknya cuci tangan pakai sabun senantiasa dijadikan sebagai kebiasaan, menjadi bagian dari prilaku hidup bersih dan sehat yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Menkes. [mor]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Budayakan Mencuci Tangan Rating: 5 Reviewed By: Unknown