728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Senin, 09 Januari 2017

Peduli Lingkungan, Danramil Rungkut Canangkan Polybag Ramah Lingkungan

Surabaya - Komando Distrik Militer 0831/Surabaya Timur, terus mendukung program swasembada pangan melalui pendampingan kelompok tani di semua wilayah.

Baru-baru ini Komandan Rayon Militer (Danramil) 0831/05 Rungkut, Mayof Inf Supriyo Triwahono bersama PPL Kecamatan Rungkut, Arum Tri Utama dan Kelompok Tani Maskot Sumber Makmur, Marno SH, mencanangkan penggunaan media tanam organik dengan kantong plastik untuk pembibitan tanaman (polybag) yang ramah lingkungan.  

Kali ini Kecamatan Rungkut, tepatnya di Warung MU Wono Ayu Kelurahan Medokan Ayu, Senin (9/1/2017), pencanangan itu dilaksanakan. Rencananya akan ada 1500 polybag di wilayah RT 04 RW 14 Kelurahan Medokan Ayu Kecamatan Rungkut.

Di harapkan pertanian justru dapat dilakukan di mana saja walau dengan lahan yang terbatas. Setiap orang dapat menjadi petani sambilan sebagai hiburan atau justru profesi utama walau tinggal di kota besar seperti di Surabaya sekalipun.

Danramil 0831/05 Rungkut Mayof Inf Supriyo menghimbau kepada warga Rungkut, supaya memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan pertanian kota dengan menanam berbagai jenis sayuran.

Lebih lanjut Danramil mengatakan, guna mendukung program Pemerintah Kota Surabaya terkait pertanian kota atau urban farming. Pihaknya ingin berkontribusi secara langsung dalam pelestarian lingkungan. Walaupun diakuinya, bila wilayah Surabaya memiliki luasan wilayah yang kecil, dengan keterbatasan lahan kosong dibandingkan wilayah lainnya.
 
"Lewat pertanian kota atau urban farming, metodenya juga tidak harus di lahan kosong, tetapi bisa menggunakan vertikultur, polybag atau teknik menanam minimalis lainnya," terangnya.
 
Tidak hanya menghijaukan lingkungan, kegiatan tani kota juga dapat menjadi salah satu bentuk ketahanan pangan dari masyarakat. Sebab, seluruh tanaman yang dibudidayakan merupakan tanaman pangan yang tinggi kebutuhannya.
 
"Karena itu kita pilih cabe sebagai unggulan program ini, karena bukan cuma konsumsinya tinggi, cabe juga mahal kalau dijual. Apalagi perawatan, mulai dari sebar benih, tanam sampai panen itu gampang. Asalkan disiram setiap hari dan matahari yang cukup, tiga bulan bisa panen," ungkapnya.
 
Sementara PPL ARUM Tri Utami SP menambahkan, guna mendukung program tersebut pihaknya telah menyediakan sebanyak 1500 media tanam, plastik polybag dan bibit.
Sehingga, lanjutnya, apabila seluruh bibit dapat tumbuh dan sukses dikembangkan, akan dapat menopang kebutuhan sehari-hari warga sekitar.
 
Kelompok Tani Maskot Sumber Makmur berfokus pada pertanian rumah tangga dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Salah satu tujuan utama yakni menyokong ketahanan pangan berupa sayur-mayur dan buah di rumah tangga.
 
"Program ini bukan soal menanam saja, tetapi adanya hubungan harmonis dengan alam dan keberlanjutan dalam hidup. Kami pakai pupuk organik," ujar Gapoktan Marno SH.




M Tavip
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Peduli Lingkungan, Danramil Rungkut Canangkan Polybag Ramah Lingkungan Rating: 5 Reviewed By: Unknown