728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 13 Februari 2014

Hujan Abu Dampak Letusan Gunung Kelud Sampai ke Surabaya

SURABAYA-Kota Pahlawan hari ini diselimuti abu dampak dari letusan Gunung Kelud. Selain Surabaya, kawasan lain yang ikut dihujani abu dari gunung itu adalah pinggiran utara pesisir Jawa Timur diantaranya Mojokerto, Gresik. Bahkan informasi terkini yang berhasil diperoleh metrosurya.com, kota Yogyakarta juga dihujani abu yang terbawa angin dari Gunung Kelud, 

Di Mojokerto, hujan abu hampir menutupi semua jalan, termasuk jalan Mojokerto - Japanan, Pasuruan. Warna putih menyelumuti seluruh jalan nasional tersebut. Sejumlah warga tetap beraktifitas seperti biasa. Hery, 45 tahun, karyawan pabrik di kawasan industri Ngoro, berangkat kerja sambil mengenakan masker. 

"Heran letusan Gunung Kelud kok sampai ke sini," katanya, Jumat 14 Februari 2014 pagi.

Meski diselimuti debu, aktifitas sekolah di Mojokerto tetap berjalan normal. Sejumlah siswa SMP Negeri Mojoanyar tetap masuk sekolah, mesti mereka berangkat terburu-buru sembari menutupi rambutnya dari guyuran debu.

Di beberapa kawasan di Surabaya terjadi hujan abu. Meski sangat tipis guyurannya, warga tetap dapat merasakannya.

"Harus pakai masker sama kacamata nih, kalau engga, bisa kelilipan," kata Nurul, mahasiswi di salah satu perguruan tinggi Surabaya.

Beberapa ruas jalan juga terlihat berwarna putih keabuan, mobil yang terparkir menjadi kotor diselimuti abu, dan jarak pandang untuk pengendara kendaraan bermotor menjadi berkurang. "Seperti ada kabut, tangan jadi ngeres (berdebu)," kata dia.

Candra, seorang wanita karyawan swasta, juga merasakan hal yang sama. Dia mengeluhkan adanya hujan abu yang mengguyur Surabaya. "Aduh rambutku jadi kasar kena abu. Mau berangkat kerja nih," kata dia sembari membersihkan rambutnya.

Terlihat lalu lalang warga kota Surabaya dengan kegiatannya masing-masing. Ada yang berolahraga jogging tanpa menghiraukan guyuran abu, ada juga pengendara sepeda yang bergegas menutup wajahnya dengan masker, dan ada pula yang sibuk membersihkan kap mobilnya dari selimutan abu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyatakan status Gunung Kelud menjadi Awas atau Siaga IV. Status itu dikeluarkan pukul 21.15. Namun kurang dari dua jam sejak status dinaikkan, Gunung Kelud mengeluarkan material vulkanik. Tak hanya Surabaya, kota Sidoarjo dan Gresik juga terjadi hujan abu tipis.

Foto : Pengendara motor yang menerjang hujan abu di Surabaya
Rep : M Nazar
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Hujan Abu Dampak Letusan Gunung Kelud Sampai ke Surabaya Rating: 5 Reviewed By: Unknown