728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 13 Februari 2014

Sekolah di Surakarta Juga Diliburkan

SURAKARTA-Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo perintahkan kepala sekolah untuk meliburkan siswanya akibat hujan abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, Jumat.

"Seluruh sekolah di Kota Solo sudah saya perintahkan untuk diliburkan guna mengantisipasi kesehatan para siswa akibat hujan abu," kata Rudyatmo.

Namun, pihaknya meminta aktifitas kantor dan pelayanan pemerintah tetap bekerja seperti biasa.

Selain itu, wali kota mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatannya dengan mengenakan masker jika melakukan aktifitas di luar rumah.

Berdasarkan pantauan di beberapa sekolah di kawasan Manahan Solo, sekitar pukul 07.30 WIB, menyebutkan, bahwa banyak siswa yang terlanjur berangkat ke sekolah akhirnya mereka kembali pulang ke rumah akibat tebalnya abu.

Namun, para siswa banyak yang terkena debu akibat kondisi jalan terselimuti abu vulkanik Gunung Kelud cukup tebal.

Bahkan, kondisi jalan berdebu cuku tebal sehingga mengganggu pandangan pengendara kendaraan baik roda dua maupun empat. Jarak pandang terlihat hanya sekitar lima hingga 10 meter.

Menurut Ayu Indira siswa kelas 10 S2 SMA Negeri IV Surakarta, sekolah meliburkan siswanya karena adanya hujan abu vulkanik pekat.

"Saya kembali pulang sekolah diliburkan akibat hujan abu. Kondisi jalan juga berdebu sehingga mengganggu jarak pandan pengendara," kata Ayu.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Sutakarta Siti Wahyuningsih, pihaknya mengimbau masyarakat yang membutuhkan masker bisa mengambil disetiap Puskesmas di Kota Solo untuk mengantisipasi debu vulkanik.

Namun, kata dia, jumlah masker yang tersedia di Puskesmas saat ini, terbatas.

Sementara .jalur penerbangan di Bandara Adi Soemarmo Boyolali juga untuk sementara ditutup, sehingga tidak ada pesawat terbang yanga tiba maupun berangkat.

Menurut Duty Manager Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Kadari, akibat hujan abu vulkanik dari Gunung Kelud penerbangan di bandara ini, untuk sementara ditutup sejak Jumat sekitar pukul 07.00 WIB hingga Sabtu (15/2).

"Penerbangan di Bandara Adi Soemarmo untuk sementara ditutup hingga Sabtu (15/2). Karena, abu vulkanik menyelimuti kawasan bandara bisa membahayakan penerbangan," kata Kadari.

Foto : Sekolah di Surakarta libur karena debu vulkanik
Rep : Didik



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sekolah di Surakarta Juga Diliburkan Rating: 5 Reviewed By: Unknown