728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Rabu, 07 Januari 2015

Panglima TNI Pimpin Langsung Upaya Pengangkatan Ekor Pesawat

Pangkalan Bun, MSNews - Panglima TNI Jenderal Moeldoko dijadwalkan akan meminpin langsung upaya pengangkatan ekor pesawat AirAsia QZ yang jatuh pada ahad 28 Desember 2014.

Tepat pukul 07.40, Moeldoko tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Iskandar. Pangkalan Bun didampingi rombongan menggunakan pesawat Boeing 737 dengan nomor bodi A7305.

Rencananya, Moeldoko akan memantau proses evakuasi dan penggangkatan ekor pesawat yang saat ini sudah dilokalisir oleh Tim SAR gabungan di koordinat 03.38.39 LS dan 109.43.43 BT.

"Saya akan meminpin sendiri proses pengangkatan ekor pesawat karena didalamnya ada blackbox. Mudah-mudahan proses ini cepat selesai," katanya di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Kamis (8/1).

Dijadwalkan, Panglima bersama rombongan akan menggunakan helicopter Bell milik TNI AU dan  Dauphin milik Basarnas. Adapun Moeldoko akan singgah di KRI Banda Aceh dan kapal laut Mahakarya Geo Survey (MGS) guna memantau langsung upaya pengangkatan bagian pesawat AirAsia yang diyakini menjadi tempat tersimpannya kotak hitam atau blackbox.

Meski begitu, Moeldoko bilang, upaya pencarian akan terhambat oleh sejumlah kendala seperti cuaca dan jarak pandang di bawah air.

"Selain itu kendala juga berasal dari peralatan pengangkatan yang hanya kuat mengangkut beban 10 ton. Saat ini kami sedang mengupayakan kapal pontoon dari Semarang," terangnya.

Jika tak ada halangan, Moeldoko akan tiba di lokasi pengangkatan pukul 08.45 lantaran area pengangkatan berada pada 60 nautica mile atau sekitar 108 kilometer (km) dari Lanud Iskandar. (Nata)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Panglima TNI Pimpin Langsung Upaya Pengangkatan Ekor Pesawat Rating: 5 Reviewed By: Unknown