728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Selasa, 10 September 2013

Tuntutan Buruh Terlampau Tinggi

Jakarta-Karena dinilai akan memberatkan perusahaan-perusahaan di tengah gejolak ekonomi saat ini, Menko Perekonomian Hatta Rajasa menilai kenaikan upah buruh sebaiknya tidak terlalu tinggi.
"(Upah) naik ya perlu, tapi jangan terlalu jauh lah," terang Hatta saat ditemui usai menjadi pembicara dalam "Danareksa Macro Forum 2013" di Jakarta, Selasa.
Meski tidak menyebut nominal kenaikan yang ideal, namun Hatta menilai bahwa kenaikan sebesar 50 persen seperti yang dituntut oleh sejumlah serikat pekerja di Tanah Air tidak realistis.
"Tidak realistis kalau perusahaan dibebani tambahan 50 persen. Itu membuat perusahaan bisa tidak kuat dan 'lay off' (bangkrut) dan itu kan merugikan semua," jelas Hatta.
Diyakininya, serikat-serikat pekerja di Indonesia pasti juga memahami kondisi dan kapasitas perusahaan tempat mereka bekerja dalam memberikan upah layak bagi para buruh tersebut.
"Saya kira tidak semua meminta upah buruh 50 persen. Serikat pekerja itu juga faham kekuatan dari perusahaan-perusahaan kita," ucap dia.
Menurut Hatta, antara pemerintah, serikat pekerja, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) perlu duduk bersama membahas masalah kenaikan upah buruh sesuai dengan kondisi inflasi terkini.
"Menurut pandangan saya, inflasi plus itulah yg dibicarakan. Kalau inflasi plus berarti ia mengalami kenaikan, kalau inflasi saja baru mempertahankan daya belinya," tutur Hatta.
Hatta percaya jika semua pihak pasti ingin mendapatkan solusi terbaik terkait kenaikan upah buruh ini, di mana perusahaan tidak terbebani, namun juga tanpa mengabaikan kesejahteraan para buruh.
"Tidak ada negara di dunia ini yang ingin pekerjanya tidak sejahtera, tapi dalam situasi di mana kita mendapat tekanan ekonomi saat ini, perusahaan-perusahaan pun sedang dalam konsolidasi. Ya di situlah kita perlu bicarakan," tutup Hatta.

Foto : Demo buruh yang menuntut kenaikan upah di Jakarta
Rep : John Willy
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tuntutan Buruh Terlampau Tinggi Rating: 5 Reviewed By: Unknown