728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Minggu, 23 Agustus 2015

Jelang MEA, Bukalapak Siap Bantu UKM Surabaya

bukalapak bantu ukm surabaya


SURABAYA-Ibu rumah tangga yang menjadi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) diharapkan lebih meningkatkan kreatifitasnya agar mampu mengembangkan usahanya. Salah satu upaya itu bisa dilakukan dengan meningkatkan mutu produksi dan berani melakukan ekspansi pemasaran melalui pasar online. Namun terlebih dahulu harus memahami soal branding dan cara mengemas produk yang menarik.

Demikian dikatakan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dalam acara kopi darat komunitas Bukalapak Surabaya bersama para ratusan Pahlawan Ekonomi Surabaya yang juga merupakan seller Bukalapak.com di Balai Kota, Minggu (23/8/2015).

"Tentunya harus mau belajar. Seperti misalnya cara men-foto produk yang dijual agar tampilannya menarik. Di awal mungkin sulit. Tetapi tidak ada yang tidak bisa dilakukan. Kalau sejak awal sudah bilang nggak bisa, ya nggak akan bisa selamanya," tegas Tri Rismaharini.

Wali kota mengingatkan, Surabaya akan memasuki era Masyaraka Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, oleh karenanya pelaku UKM dituntut harus mampu berinovasi mengembangkan produknya yang akan berdampak luas terhadap daya saing UKM di daerah. 

Walikota Surabaya juga sangat mengapresiasi keberadaan Bukalapak untuk para pelaku UKM. "Kenapa kita perlu bentuk komunitas? Karena lewat komunitas, orang lain bisa kasih saran. Dan itu ibarat suara konsumen yang sebenarnya. Jangan bayangkan MEA nanti, yang datang itu perusahaan besar. Tapi justru yang datang modal kecil seperti UKM. Dan kita harus bisa survive," tutur Wali kota.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas KB), Kota Surabaya, Nanis Chairani mengatakan, tak sedikit pelaku UKM Pahlawan Ekonomi Surabaya berjualan via online. Apalagi, Bapemas KB memang menyelenggarakan pelatihan khusus bagi ibu-ibu UKM Pahlawan Ekonomi. "Kalau untuk pemasaran online sudah banyak yang ikut. Kita setiap minggu juga ada pelatihan di Kapas Krampung Plaza seperti pelatihan membuat jenis produk baru, kemasan dan pemasaran online," ujar Nanis.

Sementara CEO dan Co-Founder Bukapalak.com, Achmad Zaky juga menyampaikan, keberadaan komunitas Bukalapak Surabaya bersama Pahlawan Ekonomi bertujuan untuk saling bertukar informasi dan menambah wawasan seputar bisnis dan usaha dengan para top seller yang sudah sukses berjualan online di Bukalapak.


"Kami berharap ibu-ibu UKM Pahlawan Ekonomi Surabaya bisa semakin sukses berjualan di Bukalapak setelah mendapatkan kiat-kiat berjualan online dari para top seller Bukalapak di Surabaya," tegas Zaky.

Dakam kesempatan itu, Zaky menambahkan, Bukalapak sangat mengapresiasi siapapun termasuk ibu rumah tangga pelaku UKM yang tergabung dalam Pahlawan ekonomi Surabaya. Tak jarang Bukalapak memberikan serangkaian pelatihan cara berjualan secara online di Bukalapak.com.

Seperti diketahui, Bukalapak nantinya akan membuka kantor cabangnya di Spazio, Surabaya hari Senin (24/8) 2015. "Kantor ini kami buka dengan harapan agar lebih mudah dalam membantu memajukan UKM di Surabaya, khususnya ibu-ibu UKM Pahlawan Ekonomi di Surabaya," imbuh Zaky.


Reporter : Deny Sinatra    
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Jelang MEA, Bukalapak Siap Bantu UKM Surabaya Rating: 5 Reviewed By: Unknown