728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Sabtu, 19 September 2015

Danramil Bangkalan Ikut Sosialisasi Sistem Tanam Jarwo

Bangkalan-Peningkatan pembangunan pangan merupakan suatu program yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil dan merata. Dengan adanya hal itu, Komandan Koramil (Danramil) Arosbaya menggelar kegiatan sosialisasi yang kepada para petani mengenai hal itu. Sabtu (19/9).

Danramil Arosbaya, Kapten Inf Budiono mengatakan, kegiatan sosialisasi itu disampaikan kepada para petani penerima pupuk subsidi dari pemerintah, khususnya kepada para anggota Himpunan Petani (Hipa) Desa Balong yang sebagian lahannya terkena renovasi jaringan tersier.

Untuk mensukseskan program swasembada pangan, Ia bersama para personelnya dengan dibantu instansi pemerintah terkait, telah melakukan beberapa kegiatan, salah satunya termasuk Optimalisasi Pengembangan Lahan (OPL) dan Tanam Jajar Legowo (Jarwo).

"untuk mensukseskan Upaya Khusus Swasembada Pangan, Pemerintah meluncurkan berbagai kegiatan, diantaranya Pengembangan Opti­ma­lisa­si Lahan (OPL), pengem­bangan jaringan irigasi, Desa Mandiri Benih, Bantuan Alat Mesin Pertanian dan penerapan berbagai inovasi Teknologi Seperti Tanam Jajar Legowo (Jarwo), pema­kaian benih berlabel, dan pembuatan dan penggunaan pupuk organic,"jelasnya.

Sedangkan menurut materi tani Kecamatan Arosbaya, Said menerangkan jika system tanam  Jajar Legowo atau Jarwo yang diterapkan oleh kelompok tani kali ini berbanding 4:1, yang menurutnya setiap empat baris tanaman padi diselingi dengan satu baris kosong dengan lebar yang sudah ditentukan dalam system penanaman Jarwo.

"Biasanya tanaman padi yang dipinggir selalu lebih bagus hasilnya dibanding bagian dalam. Itu disebabkan intensitas cahaya matahari yang mengenai tanaman padi dan sirkulasi udaranya maksimal. Sistem jajar legowo prinsipnya sederhana yaitu menjadikan semua tanaman padi itu sebagai tanaman pinggir,"papar Said.

Beberapa keuntungan dalam penerapan sistem tanam dengan jajar legowo adalah memperbaiki kualitas gabah dan mengurangi tingkat serangan hama pada tanaman padi. Selain itu juga dapat menghemat pemakaian pupuk dan mempermudah dalam perawatan tanaman padi.

Said, berharap sistem tanam padi jajar legowo ini bisa dipertahankan dan dilaksanakan oleh seluruh petani sehingga hasilnya nanti bisa mensejahterakan, meningkatkan taraf hidup para petani sendiri dan bisa mewujudkan program peningkatan produksi pertanian yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pertanian.



Reporter : Deni Sinatra
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Danramil Bangkalan Ikut Sosialisasi Sistem Tanam Jarwo Rating: 5 Reviewed By: Unknown