728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 25 Juni 2015

Napi Rutan Trenggalek Bikin Emban Akik dari Tempurung

Trenggalek-Tak hanya menjadi penghuni tahanan Rutan Kelas IIB Kabupaten Trenggalek, namun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ini juga diberikan pembelajaran berupa keahlian membuat batu akik. Batu akik yang mulai banyak dikenal oleh semua kalangan masyarakat, bukan hanya berembankan tembaga dan emas.

Salah satu produk asli dari WBP Rutan Trenggalek yakni batu akik dengan emban tempurung kelapa. Memang sulit dipercaya, pasalnya tempurung kelapa itu tidak memiliki karakter yang khas. Namun ditangan WBP Rutan Trenggalek, tempurung kelapa bisa dijadikan emban batu akik yang cantik dan menawan.

Mujiran selaku petugas pemeliharaan kemandirian Rutan Trenggalek menjelaskan program pembuatan batu akik ini baru digeluti sekitar 4 bulan yang lalu."Untuk mesinnya sendiri, kita mempunyai 2 mesin yang kita rakit sendiri. Dan untuk menghasilkan batu akik yang cantik, disini harus melalui tahapan-tahapan.

Dari bahan batu yang akan dipotong menjadi beberapa bagian dan beberapa ukuran, setelah itu dilakukan pembentukan dengan mesin grenda duduk. Untuk memproleh hasil yang maksimal perlu juga dilakukan maksimal dilakukan pula pengamplasan atau pengkilapan dengan mengunakan amplas", terangnya Senin (22/06).

Tak hanya itu, lanjut dia dalam proses pembuatan akik ini dilakukan oleh tenaga ahli sebanyak 3 orang saja dan ini juga dari WBP Rutan Trenggalek sendiri. Bukan hanya Suhari, Misnoto dan Pyriyono yang dipercaya membuat akik ini, tetapi WBP lainnya jika ingin belajar juga bisa.

"Jenis batu-batu yang akan dijadikan batu akik pun bervariasi, seperti calsedon, badar lumut dan pancawarna. Dan itu semua jenis batu lokal asli kota sendiri. Untuk harga kami mematok harga mulai Rp 50 ribu hingga Rp 400 ribu. Dan pemasaran kita fokuskan didalam  Rutan khusunya pengunjung

Namun jika ada warga masyarakat dari lura yang menginginkan batu akik buatan kami ini dipersilahkan untuk datang kesini", tambah Mujiran.

Alhamdulillah dalam seharipun mereka-mereka ini mampu menghasilkan 15 hingga 20 batu akik yang siap diberi emban. "Kalau mau beli emban tempurung kelapa juga bisa dipasangkan disini namun jika mau emban yang lain juga bisa membeli dilain tempat", pungkasnya.


Reporter : Fals Yudhistira
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Napi Rutan Trenggalek Bikin Emban Akik dari Tempurung Rating: 5 Reviewed By: Unknown