728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 23 Juli 2015

Emil Dan Ipin Ikut Meriahkan Gebyar Ketupat Di Trenggalek

gebyar ketupat trenggalek
Trenggalek, Hari raya ketupat atau sering juga disebut dengan tradisi kupatan yang dilaksanakan hari ini, Jumat (24/07) bertempat di dua lokasi di kabupaten Trenggalek yakni Keutan dan Durenan.  

Salah satu euforia sambut lebaran kupatan ini sudah dapat dirasakan masyarakat khususnya warga desa Sukorame kecamatan Gandusari kabupaten Trenggalek.

Kemeriahan ini semakin lengkap karena disalah satu rumah milik Mochammad Syamsu disambangi oleh calon bupati muda kotra Trenggalek yang tak lain yakni Emil Elistiano Dardak beserta istri tercintanya Arumi Bachsin, dengan pasangan cawabub yang tak lain adalah beserta Mochamad Nur Arifin dan istri Novita Hardiny. Mereka langsung menyapa masyarakat sekitar dengan wajah khas sumringah dari keduanya. Suasana perayaanpun terlaksana hingga larut malam.

Dalam silaturahmi kali ini masyarakat terlihat antusias menikmati kebersamaan bersama pasangan calon bupati Trenggalek yang akan maju bersaing untuk meraih kursi utama di kota tempe kripik ini. Dengan saling bersilaturahmi masyarakat dengan calon pemimpinnya tersebut merasa senang karena ini masih dalam suasana Idul Fitri .

Mochamad Syamsu selaku tuan rumah menuturkan, tradisi merayakan lebaran ketupat di Dusun Sukorame ini sudah berlangsung sejak bertahun-tahun lalu. Namun perayaan yang disertai dengan pesta kembang api ini setelah tujuh tahun belakangan. "Mudah-mudahan ke depan semakin ramai. Serta menambah kerukunan masyarakat," ucapnya.

Syamsu juga menambahkan lebaran ketupat itu sendiri jatuh pada hari  ini. Berawal dari tradisi masyarakat Durenan yang melanjutkan dengan puasa Syawal setelah Idul Fitri. Kemudian dirayakan dengan  membuat ketupat sayur yang dinikmati bersama siapapun tamu yang datang. Serta saling bersilaturahmi berkunjung kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat dan antar tetangga. Sekarang lebaran ketupat sudah semakin luas dirayakan warga Trenggalek.

Di Kelurahan Kelutan Kecamatan Trenggalek lebaran ketupat juga meriah beberapa tahun terakhir. Di dua tempat ini pasangan Emil dan Arifin juga akan bersilaturahmi. Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Trenggalek pada pilihan kepala daerah Desember 2015 mendatang  semakin intens menyapa masyarakat.

Tak hanya itu pasangan calon bupati dan wakilnya tersebut rencananya akan  memberangkatkan arak-arakan tumpeng pada ketupatan di Durenan dan dilanjutkan dengan konvoi di seputaran Kecamatan Durenan, serta di kelurahan Kelutan. Usai itu, siang harinya Emil dan Ipin akan melaksanakan sholat Jumat di Masjid Jami Durenan, kemudian dilanjutkan donor darah di kediaman Mahsun Ismail, salah satu tokoh masyarakat yang juga mantan wakil bupati Trenggalek.

Harapan juga disampaikan bapak satu anak ini agar perayaan seperti ini memberikan banyak manfaat dan nilai positif bagi masyarakat khusunya Trenggalek. "Semoga festival semacam ini jadi ajang kreativitas sekaligus momen mempererat silaturahmi warga, dan bisa turut mendorong ekonomi lokal," tandas Emil.

Penulis:Fals Yudistira
Foto : Foto:Arumi Bahcin dengan warga 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Emil Dan Ipin Ikut Meriahkan Gebyar Ketupat Di Trenggalek Rating: 5 Reviewed By: Unknown