728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Minggu, 10 Mei 2015

Dasyatnya Festival Rujak Uleg 2015

Rujak Uleg Kya-kya 2015
Tak hanya rasa. Kemeriahan Festival Rujak Uleg 2015 juga gaya dan kostum pesertanya 

Surabaya-Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, penyelenggaraan Festival Rujak Uleg 2015 oleh Pemkot Surabaya (10/5) akhirnya benar-benar berjalan sukses. Agenda rutin tahunan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya itu terbukti mampu menyedot perhatian pengunjung, baik mereka yang berasal dari Surabaya maupun luar kota. Bahkan tak sedikit turis asing juga ikut memeriahkan acara di Kya-Kya Kembang Jepun Surabaya tersebut.  

Seperti diketahui, Jalan Kembang Jepun merupakan salah satu tempat bersejarah di Kota Surabaya yang kini menjadi pusat perdagangan. Namun saat digelarnya Festival Rujak Uleg di tempat itu, seketika padat dengan lalu lalangnya pengunjung yang ingin menyaksikan kehebohan 1500 pesertanya dengan barbagai kostum unik sambil bergoyang mengolah rujak uleg.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang saat itu hadir membuka acara juga tampak terlihat bangga dengan semangat peserta yang mengikuti acara tersebut. Dalam sambutannya Risma mengatakan, agenda itu merupakan event rutin tahunan dalam rangka menyambut HJKS.  

"Untuk tahun ini ada peserta dari luar kota seperti Kota Probolinggo dan Samarinda. Juga hadir tamu dari berbagai negara sahabat. Ini merupakan wujud kebersamaan dari pimpinan dan warga Surabaya, juga persahabatan dengan pemimpin luar negeri," tegas walikota.

Tak hanya piawai memimpin Surabaya, Risma ternyata juga piawai nguleg bumbu rujak yang diikuti oleh peserta lainnya. Ketika rujak selesai diuleg, warga pun berlomba-lomba untuk ikut mencicipi rujak.

"Di kota saya belum ada acara seperti ini. Makanya, setiap tahun saya selalu menyempatkan untuk datang ke sini. Acaranya sangat menarik dan yang paling saya tunggu tentu bisa mencicipi rujak uleg," ujar Arif (20), warga Gedangan, Sidoarjo.
"Kapan lagi bisa makan rujak bareng ribuan orang. Acara ini saya tunggu setiap tahun. Ya semoga tahun depan semakin meriah," imbuh Prasetyo (26), warga Pegirian.

Hasil dari Festival Rujak Uleg 2015, peserta dari Bagian Humas Pemkot Surabaya dinilai oleh tim juri sebagai yang terbaik. Selain dinilai menampilkan kostum dan yel-yel yang atraktif, rujak uleg racikan tim Bagian Humas Pemkot Surabaya juga memiliki cita rasa yang sedap.

Sebelumnya, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekkota Surabaya, Yayuk Eko Agustin mengatakan,  panitia dari tahun ke tahun selalu berupaya meningkatkan kualitas dengan membuat event tahunan ini lebih atraktif. Unsur atraktif masuk dalam salah satu skala penilaian dewan juri. Itulah alasan peserta Festival Rujak Uleg tampil dengan kostum dan penampilan unik. "Jadi, selain rasa rujaknya enak, peserta juga harus menguleg dengan gaya menghibur," terang Yayuk Eko.

Pemkot Surabaya berharap Festival Rujak Uleg 2015 ini dimanfaatkan warga sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian budaya khas Surabaya. Sebab, rujak uleg atau rujak cingur memang dikenal sebagai kuliner khas Kota Pahlawan. Untuk itu, sudah sewajarnya bila segenap warga kota merasa turut memiliki jenis kuliner berbahan buah-buahan, tahu, tempe, sayur serta racikan bumbu kacang dan petis ini. Deny
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dasyatnya Festival Rujak Uleg 2015 Rating: 5 Reviewed By: Unknown