728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Jumat, 22 Mei 2015

Mantan Kasubbag TU TOW Tipu Pencari Kerja

penipuan_cpns-tow
Surabaya - Perbuatan Sukaryanto, salah seorang CPNS (Pegawai Negeri Sipil) yang bekerja di Terminal Tambak Osowilangon (TOW) Surabaya ini benar-benar keterlaluan. Ia diduga melakukan penipuan dan pemerasan terhadap korbannya bernama Abdul Fatah (45), warga Desa Kedungmegari, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan.

Oleh korban kasus ini sudah dilaporkan ke Polres Lamongan kota. Namun hingga kini polisi belum berhasil meringkusnya. Bahkan di tempat ia bekerja sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag TU di terminal itu, polisi tidak berhasil mendapatinya. "Pak Karyanto sudah lama tidak masuk karena kasus itu mas," kata salah seorang pegawai TOW sambil mewanti-wanti untuk tidak memberitakan namanya.

Polres Lamongan yang menerima laporan tersebut telah menetapkan status Sukaryanto sebagai tersangka dan masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) karena melarikan diri.

Sumber Wartasurya.com itu menyebutkan, bulan Juli 2011 Sukaryanto menjanjikan bisa memasukkan anak korban bernama Ahmad Bisri Mustofa sebagai tenaga honorer di TOW. Namun terlebih dahulu harus menyerahkan uang sebesar Rp 18 juta dengan alasan untuk pelicin pejabat di atasnya. Karena berharap besar anaknya bisa bekerja, Abdul Fatah menyerahkan uang tersebut.

Merasa sukses memperdayai korbannya, membuat warga Desa Kedungwangi, Kecamatan Sambeng, Lamongan itu ketagihan ingin memperdayai kembali dengan cara lain. Modusnya menunggu korban mempertanyakan kejelasan pekerjaan untuk anaknya sebagai tenaga honorer di TOW.

Pucuk diminta ulampun tiba. Perkiraan Sukaryanto tak meleset sedikitpun, Abdul Fatah akhirnya menanyakan hal itu. Seperti telah diskenario, Abdul Fatah malah ditawari lagi untuk memasukkan anaknya sebagai CPNS. Syaratnya harus menyetorkan uang lagi sebesar Rp42 Juta.

Lagi-lagi Abdul Fatah terperdaya dengan bujukan Sukaryanto, dan uang sebesar Rp42 Juta itu diserahkannya. "Sekitar sebulan saya menunggu kejelasan dari pak Karyanto soal anak saya yang katanya bisa bekerja sebagai tenaga honorer di terminal itu, dan waktu itu saya diminta bersabar. Alasannya belum ada panggilan. Malah dia menawari lagi agar anak saya bisa jadi PNS," ungkap Abdul Fatah.

Hal yang sama juga dialami Suyanto warga Jelidro, Kelurahan Lontar Kecamatan Sambikerep, Surabaya. Uang sebesar Rp.80 Juta raib setelah diserahkan kepada Sukaryanto untuk pelicin menjadi CPNS. "Orang tua saya sampai menggadaikan sertifikat tanahnya mas. Sementara saya sampai sekarang belum menerima panggilan apapun dari Karyanto," katanya.

Hasil penelusuran Wartasurya.com mengungkapkan, Sukaryanto juga beraksi di sejumlah terminal di Surabaya dengan modus yang sama. Korbannya mencapai puluhan orang. Deny

Foto : Ilustrasi







  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mantan Kasubbag TU TOW Tipu Pencari Kerja Rating: 5 Reviewed By: Unknown