728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 07 April 2016

Box Culvert di Surabaya Dapat Berfungsi Ganda

fungsi box culvert surabaya
Surabaya – Macet dan banjir adalah problem yang kerap menghantui warga Surabaya. Namun demikian Pemkot Surabaya tak pernah berhenti berinovasi dengan melakukan berbagai cara guna mengatasinya, salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan box culvert.

Nantinya, Box culvert yang dibangun untuk mengatasi genangan air akan dimanfaatkan juga untuk menambah kapasitas jalan. Ini dilakukan guna mengurai kemacetan khususnya di akses jalan yang padat kendaraan.    

Seperti diketahui, tahun 2010 lalu, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan memang dengan giat membangun box culvert. Panjangnya mencapai 10.963 meter atau hampir 11 kilometer. Pembangunannya dilakukan secara berkala yaitu tahun 2010 sepanjang 3200 meter, 2011 - 189 meter, 2012 - 889 meter, 2013 - 1147 meter, 2014 - 2476 meter, dan 2015 - 1076 meter. Rencanannya untuk tahun ini, ada dua titik box culvert yang akan dibangun dengan panjang 1986 meter. Diantaranya di jalan Zamhuri (Rungkut) 180 meter dan Jemur Ngawinan sepanjang 520 meter.

"Untuk box culvert di Jemur Ngawinan, Insya Allah tahun ini sudah tuntas. Estiumasinya November. Ini untuk penunjang underpass yang ada di Bundaran Dolog. Itu dari Jemur Andayani yang sisi Timur mau ke Barat kan dua lajur, itu ketemu di timurnya Traffic Light nyambung sama ini," tegas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (PUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati.

Pembangunan box culvert di jalan Zamhuri, lanjut Erna, estimasinya selesai tahun ini. "Selama ini, kalau dari timur dari UPN kan dua lajur, ketemu mau masuk ke Rungkut Zamhuri. Itu kan ketemu makam yang susah dibebaskan sehingga kita pakai box culvert. Nanti nyambung ketemu jembatan yang sekarang sudah kita bangun. Jadi nanti dari arah Rungkut Industri bisa dua arah, selama ini ndak bisa," Sambung Erna.

Direncanakan, box culvert juga akan dibangun di wilayah Benowo, Surabaya Barat sepanjang 600 meter. dengan menggunakan anggaran APBD. "Biar cepat selesainya. Dibangun dari Barat karena saluran di sana masih irigasi. Kalau salurannya tidak segera dikonversi, kasihan banjir terus. Kalau terus nunggu dari Timur, yang Barat kasihan," sambung alumnus ITS ini.

Kepala Bidang Perencanaan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Ganjar Siswopramono menambahkan, pembangunan box culvert di Surabaya, selama ini memang berfungsi ganda. "Selain untuk fungsi saluran air, juga pemecah kepadatan lalu lintas," ujarnya.

Terkait pembangunan box culvert di Jalan Jemur Ngawinan yang selama ini mengalami kemacetan pada siang maupun sore hari, Ganjar menyebut rencananya proyek ini akan dilakukan dengan menutup sungai yang ada di jalan Jemur Ngawinan. Nantinya, saluran box culvert ini akan memanjang hingga 520 meter, tepatnya akan tembus hingga jalan kembar di jalan Jemur Andayani. Sehingga diharapkan dapat banyak membantu kekurangan lajur jalan yang selama ini kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas.



Sumber : Humas Pemkot Surabaya
  

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Box Culvert di Surabaya Dapat Berfungsi Ganda Rating: 5 Reviewed By: Unknown