728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Senin, 11 April 2016

Dishub Surabaya Rilis Aplikasi Uji KIR

aplikasi uji kir surabaya
Budi Basuki, AMd LLAJ, ST 

Surabaya – Upaya peningkatan mutu pelayanan berbasis Information and Technology (IT) pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Wiyung dan Tandes terus mengalami kemajuan pesat. Bahkan sejumlah daerah di Indonesia yang turut mengaplikasikan inovasi tersebut juga merasakan manfaatnya.

Kepiawaian para inovator di UPTD PKB Wiyung dan Tandes dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat memang teruji dan diakui sejumlah kalangan. Sumber Daya Manusia (SDM) di kedua pengujian kendaraan bermotor itu memang dibangun berbasis kompetensi sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi yang teraplikasi guna mewujudkan visi dan misi. Tak heran jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai UPTD PKB Wiyung dan Tandes sebagai Benchmark pelayanan PKB di Indonesia.

Selama ini sistem pelayanan Uji KIR berbasis IT yang diterapkan Dishub Kota Surabaya terbukti sangat membantu masyarakat. Cukup hanya dengan mengakses website dishub.surabaya.go.id sudah dapat melakukan pendaftaran uji KIR. Layanan Short Message Service (SMS) juga kerap dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan uji KIR kendaraannya. 
      
Dan baru-baru ini Dinas Perhubungan Kota Surabaya melalui UPTD PKB Tandes juga telah merilis aplikasi khusus bernama eUjiKIRSurabaya yang dapat di unduh di Play Store. Aplikasi ini diharapkan mampu memudahkan para pemilik kendaraan wajib uji KIR yang hendak mengujikan kendaraannya.

Apilkasi eUjiKIRSurabaya
Selain itu, berbagai inovasi berbasis IT tersebut merupakan salah satu jawaban atas tekad Dinas Perhubungan Kota Surabaya memberangus tuntas praktik percaloan yang merugikan masyarakat.

Di UPTD PKB Wiyung bahkan dengan tegas melarang para calo berkeliaran di area pengujian. Pengamanan terus dilakukan berkoordinasi dengan Satpol PP dan kepolisian. Hasilnya, UPTD PKB Wiyung kini benar-benar steril dari praktik percaloan.

"Kami sudah melakukan sterilisasi terhadap seluruh calo di PKB Wiyung berkoordinasi dengan aparat terkait. Tidak ada ampun bagi calo yang nekat berpraktik di sini," tegas Manaf, Kepala UPTD PKB Wiyung  kepada Wartasurya.com di ruang kerjanya.

Senada dengan Manaf, Kepala UPTD PKB Tandes, Sumiyanto melalui Kasubbag TU, Budi Basuki mengatakan, terobosan yang teraplikasi dalam inovasi berbasis IT dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat tersebut adalah bukti kesungguhan UPTD PKB Tandes menangani praktik percaloan.

"Selama ini kami terus berupaya menyajikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang hendak mengujikan kendaraannya. Caranya dengan terus berinovasi guna mempermudah akses pelayanan berbasis IT. Ini juga bermanfaat bagi masyarakat agar terhindar dari praktik percaloan yang merugikan. Bahkan terakhir kami merilis aplikasi eUjiKIRSurabaya yang bisa diunduh langsung di Play Store," ujar Budi.


Reporter : Deni Sinatra

     

      
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dishub Surabaya Rilis Aplikasi Uji KIR Rating: 5 Reviewed By: Unknown