728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Jumat, 09 Desember 2016

Bapemas KB Surabaya Siap Bekali Wawasan Untuk Pengantin Baru

Surabaya - Guna mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak, Badan Pemberdayaan Ekonomi dan Masyarakat Keluarga Berencana (Bapemas KB) melalui programnya di tahun 2017 akan membekali setiap pasangan yang akan melakukan pernikahan. Demikian diungkapkan, Kepala Bapemas KB Kota Surabaya, Nanis Chairani. 

Program pembekalan itu nantinya akan bekerja sama dengan Kementerian Agama. Sedangkan pelaksanaannya dilakukan di kantor KUA ataupun di setiap kantor kecamatan.

"Pembekalan kepada calon pengantin ini tujuannya agar calon pengantin yang akan memasuki dunia baru yakni berkeluarga, bisa lebih siap. Nantinya kami akan sharing program dan materi dengan KUA yang akan disampaikan untuk calon pengantin," tegas Nanis seusai media gathering bertema kegiatan penanganan anak oleh Pemkot Surabaya di ruang ATCS, lantai VI gedung Pemkot Surabaya, Jumat (9/12). 

Materi yang diberikan bisa dari sisi agama dan juga sosial. Tujuannya agar pengantin baru lebih siap secara mental, memahami tugas dan kewajibannya dalam berkeluarga.

"Harapannya supaya menguatkan mereka dalam memasuki dunia baru. Bahwa ini bukan main-main tetapi punya tanggung jawab besar. Apalagi bila mempunyai anak. Dan ketika mereka ada masalah, jangan kemudian langsung memutuskan bercerai. Coba ingat-ingat kembali indahnya masa pacaran sehingga ada kesadaran untuk melewati masalah bersama-sama," terang mantan Kabag Humas Pemkot Surabaya ini.

Program itu, lanjut Nanis, sifatnya semi wajib mengingat angka perceraian terbilang cukup tinggi yang bermuara dari ketidak harmonisan dalam berkeluarga hingga berujung kekerasan terhadap anak. "Pada beberapa kasus pada anak, itu terjadi karena broken home yang diawali perceraian," jelasnya. 

Selain itu, Bapemas KB nantinya juga memberikan wawasan kepada para kader dengan harapan wawasan tersebut kemudian disebarluaskan. "Tapi itu kurang efektif. Karena itu, kami coba langsung kepada keluarga. Teknisnya kami akan menyasar keluarga rentan yang mulai ada masalah," sambung mantan Camat Tambaksari ini. 

Terkait penanganan anak di Surabaya, Pemkot Surabaya selama ini sudah punya beberapa program melalui SKPD terkait. Semisal Satpol PP rutin melakukan razia di tempat seperti kafe atau warnet ketika jam-jam sekolah. Lalu Dinas Pendidikan memiliki program konselor sebaya agar para siswa lebih terbuka menceritakan masalahnya kepada sesama teman. "Ini (konselor sebaya) sudah jalan tiga tahun. Kami juga melibatkan LSM, BNN dan psikiater," sambung Nanis.


Sumber : Humas Pemkot Surabaya

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bapemas KB Surabaya Siap Bekali Wawasan Untuk Pengantin Baru Rating: 5 Reviewed By: Unknown