728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 15 Desember 2016

Menantang Maut - Pelajar Di Trenggalek Naik Getek Melawan Arus Sungai

Trenggalek - Sejumlah pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), yang ada didusun Pucung Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari - Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, harus rela bertaruh nyawa demi bisa menjangkau sekolah tempatnya menimba ilmu. 

Hal ini lantaran tidak adanya insfrastruktur jembatan, sehingga membuat para pelajar ini harus menyebrangi sungai menggunakan getek ditengah derasnya arus sungai.

Para pelajar SD tersebut tidak ada pilihan lain, mereka harus menyebrangi sungai menggunakan perahu rakit yang terbuat dari batang pohon pisang.

Peristiwa ini yakni akibat rusaknya akses jembatan penghubung yang ada di kawasan tersebut, badan jembatan hanyut tergerus derasnya arus sungai yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Kondisi jembatan yang tanpa dilengkapi pondasi yang kuat, membuat badan jembatan roboh dan hanyut tergerus derasnya aliran sungai saat musim hujan tiba," ucap Sugiono salah satu warga setempat saat dikonfirmasi dilokasi, Kamis (15/12).

Ditambahkan Sugi, sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari Pemerintah Daerah untuk memasang jembatan baru atau bahkan melakukan peninjauan salah satu akses jembatan penghubung.

Parahnya lagi, para pelajar ini tidak setiap hari bisa menyebrang sungai menggunakan getek. Hal tersebut terjadi karena hujan deras yang terus menerus terjadi membuat debit air sungai tinggi. Dan jika hal ini dipaksakan justru akan membahayakan keselamatan para pelajar.

"Kalau air sungai sedang meluap, para pelajar ini harus memutar arah untuk sampai ke sekolah dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Bahkan, tak sedikit pula pelajar yang memilih tidak bersekolah saat musim hujan tiba," tegasnya.

Selain menyulitkan para pelajar untuk sampai ke sekolah, tidak adanya akses jembatan penghubung di kawasan ini juga ikut menghambat sektor perekonomian masyarakat. 

"Masyarakat berharap pemerintah daerah segera membangun jembatan baru, sehingga masyarakat tidak akan merasa dirugikan dan para pelajar segera mendapatkan jalan keluar yang tepat dalam menjangkau sekolahnya" Pungkasnya.(*)


Reporter : Fals Yudhistira

Foto : Sejumlah pelajar menyebrangi sungai menggunakan perahu rakit (getek)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Menantang Maut - Pelajar Di Trenggalek Naik Getek Melawan Arus Sungai Rating: 5 Reviewed By: Unknown