728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Minggu, 11 Desember 2016

Suguhan Seni Budaya - Hipnotis Ratusan Warga Di Goa Selomngleng

KEDIRI - Ratusan warga dari dalam dan luar negeri terlihat memadati kawasan wisata Goa Selomangleng Kota Kediri, Minggu (11/12) bertepatan dengan pagelaran seni budaya yang bertajuk Pagelaran Seni Budaya Selomangleng.

Berbagai pertunjukan disuguhkan dalam acara ini. Di antaranya arak-arakan budaya yang terdiri dari kelompok seni jaranan, reog panji bersih desa, barongsai, serta sesaji dari hasil bumi warga setempat. 

Dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda, dan olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri sebagai penyelenggara juga turut mengundang beberapa seniman dari mancanegara yang mempelajari kesenian lokal.Mereka pun turut mengisi acara pagelaran seni budaya Selomangleng.

"Dengan penyelenggaraan acara ini kami harapkan dapat memicu minat masyarakat untuk mencintai kesenian daerah," ujar Nur Muhyar Kepala Disbudparpora Kota Kediri.


Acara yang dimulai sejak pukul 10.00, ini diawali oleh pertunjukan jaranan dan dilanjutkan dengan barongsai serta arak-arakan. Acara dilanjutkan dengan pementasan seni kontemporer musik, tari, dan teatrikal oleh perwakilan seniman Dari Meksiko dan Amerika yang Menceritakan kisah Dewi Sekartaji. 

Penyajian seni kontemporer tersebut mendapatkan apresiasi luar biasa dari masyarakat yang datang.

Julia Nataniel salah satu seniman dari Amerika mengungkapkan kekagumannya atas apresiasi yang diberikan oleh masyarakat Kota Kediri. Menurutnya, sambutan yang diberikan warga Kediri sangat luar biasa. "Amazing," ujarnya. 

Pertunjukan musik keroncong juga ditampilkan dalam acara tersebut. Menariknya, Disbudparpora turut mengundang penyanyi ibukota Oppie Andaresta yang menjadikan acara semakin semarak.

Beberapa tembang populer dibawakan oleh penyanyi bergenre pop ini. Masyarakat yang hadir juga turut menyanyikan beberapa tembang popular, seperti Ingat Ingat Pesan Mama dan Orang Kaya.

Nur Muhyar selaku kepala Disbudparpora mengaku puas dengan penyelenggaraan acara yang berlangsung tertib dan lancar hingga usai.

"Alhamdulillah masyarakat dapat menikmati acara tersebut tanpa kendala. Semoga dalam gelaran berikutnya, kami dapat melaksanakan acara yang lebih spektakuler lagi," ujarnya.(Bam's)



Redaktur : Fals Yudhistira

Foto : kolaborasi sejumlah seniman dari dalam dan luar negeri ketika menari menceritakan kisah panji.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Suguhan Seni Budaya - Hipnotis Ratusan Warga Di Goa Selomngleng Rating: 5 Reviewed By: Unknown