728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 17 April 2014

Lagi, Hacker Bobol Duit Perusahaan Jepang

SURABAYA-Lagi, jaringan peretas melalui internet yang biasa disebut hacker menggila. Tak tanggung-tanggung hasil yang di rampokpun mencapai miliaran rupiah. Kali ini korbannya adalah dua perusahaan yang sedang menjalin kerjasama bisnis yakni CV. Sinar Terang dan perusahaan Jepang Godo, Co, Ltd.

Akibatnya, dua pelaku kejahatan Cyber tersebut yang diketahui berinisial U berkewarganegaraan Nigeria dan seorang warga Lampung berinisial SI ditangkap aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

"Mereka berdua memang sudah kami tangkap tanggal 2 April 2014. Modusnya, dengan cara membobol email salah satu perusahaan tersebut yang memang diketahui memiliki kerjasama bisnis. Pelaku menyamar sebagai pihak CV. Sinar Terang yang dalam emailnya meyakinkan perusahaan jepang untuk segera mentransfer dana sebesar Rp.1,5 miliar. Dalam emailnya pelaku membujuk Godo Co Ltd mentransfernya ke rekening BRI milik SI, dengan dalih rekening CV. Sinar Terang di Bank Ekonomi sedang error, dan perusahaan Jepang itupun mentransfernya. Sementara CV. Sinar Terang yang merasa belum mendapat transfer menghubungi Godo Co Ltd. Singkatnya kedua perusahaan itu melaporkan kejadian itu ke Polda Jatim," ujar Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Awi Setiyono di Surabaya, Kamis (17/4)

Tentang sanksi hukuman yang dikenakan, Awi mengatakan tersangka SI akan dijerat dengan Undang-Undang ITE dan Undang-Undang Pencucian Uang, sedangkan tersangka AE dijerat dengan Undang-Undang ITE.

Reporter : M Nazar
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Lagi, Hacker Bobol Duit Perusahaan Jepang Rating: 5 Reviewed By: Unknown