728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Selasa, 09 Februari 2016

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Sperma Pria

Bisa jadi ini peringatan bagi perokok yang kerap mengabaikan peringatan bahaya merokok. Khusus bagi para pria selain merusak kesehatan, racun dalam rokok terbukti bisa merusak reproduksi sperma. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian internasional.

Universitas Saarland, Jerman adalah salah satu yang melakukan penelitian itu. Hasil penelitian sperma dari 53 perokok berat dan 63 non-perokok, dari pasangan yang mencari bantuan untuk infertilitas menunjukkan, laki-laki yang merokok kurang subur dibanding laki-laki yang tidak merokok. Lalu tim peneliti yang dipimpin oleh Mohamad Eid Hammadeh, PhD, profesor obstetrics dan ginekologi Universitas Saarland, Homburg/Saar, Jerman, mencari tahu apa yang terjadi pada sperma perokok.

Mohamad Eid Hammadeh mengatakan, terdapat dua kandungan protein kecil dalam sperma laki-laki yaitu, protamine 1 dan protamine 2. Kedua protein itu hubungannya harus seimbang. Namun itu tidak berlaku bagi para perokok. Hammadeh dan rekan menemukan, sel sperma membawa terlalu sedikit protamine 2. Ketidakseimbangan ini membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan DNA.

"DNA alfabet sperma ini memiliki satu atau dua huruf yang hilang. Dan ini tidak bisa diperbaiki," kata Hammadeh pada WebMD. "Ketika kita menyuntikkan sperma rusak ini ke dalam sel telur, sperma tidak mampu membuahi. Dan bahkan jika terjadi pembuahan, tingkat keguguran sangat tinggi."

Hammadeh juga mengungkapkan, zat dalam kandungan rokok bisa mengakibatkan ketidak mampuan daya tahan tubuh melawan molekul oksigen yang merusak (radikal bebas) dalam cairan mani. Selain membuat sel sperma lebih sensitif terhadap stres oksidatif, merokok itu sendiri meningkatkan konsentrasi radikal bebas dalam cairan mani.

"Radikal bebas dapat menyebabkan fragmentasi DNA sperma serta masalah dengan motilitas sperma dan pembuahan," kata endokrinologi reproduksi Adam Griffin, dari University of Rochester, New York, seperti dilansir dari laman WebMD. Griffin tidak terlibat dalam studi Hammadeh.

Dalam penelitian sebelumnya, Hammadeh dan rekannya menunjukkan bahwa laki-laki dengan masalah kesuburan memiliki tingkat radikal bebas lebih tinggi dibandingkan laki-laki subur. Hammadeh dan Griffin pun menyarankan laki-laki dan perempuan dengan masalah kesuburan untuk berhenti merokok.

"Kami memberitahu pasangan yang mencari pengobatan untuk kesuburan untuk berhenti merokok setidaknya tiga bulan sebelum mereka mencoba terapi fertilisasi in vitro (bayi tabung)," kata Hammadeh.

Griffin mencatat bahwa merokok juga memengaruhi kesuburan perempuan. Dan bahkan jika hanya satu anggota pasangan merokok, perokok pasif cenderung memengaruhi kesuburan pasangannya.

Hammadeh dan Griffin menunjukkan bahwa selain berhenti merokok, pasangan dengan masalah kesuburan harus mengonsumsi suplemen antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh mereka.

"Saya biasanya memberitahu orang-orang tidak ada obat ajaib untuk itu, tetapi mengambil antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E dapat tidak membahayakan dan dapat memberikan beberapa manfaat marjinal," kata Griffin.

Hasil penelitian Hammadeh dan rekan telah dipublikasikan dalam jurnal Human Reproductiontahun 2010.



Sumber : cnnindonesia.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Sperma Pria Rating: 5 Reviewed By: Unknown