728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Jumat, 12 Februari 2016

Jalan Sepanjang Jalur Pantura Tuban Rusak

Salah satunya jalur Pantai Utara (Pantura) khususnya di wilayah Tuban, Jawa Timur.


Tuban – Hampir di banyak daerah setiap musim penghujan tiba, kerap kali jalanan beraspal tergenang air. Para pemakai jalanpun harus menerima kenyataan bahwa banyak jalan raya cepat sekali mengalami kerusakan, walaupun baru saja diperbaiki atau direhabilitasi. Masalah kerusakan dini (premature deterioration) jalan-jalan ini merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi. Salah satunya jalur Pantai Utara (Pantura) khususnya di wilayah Tuban, Jawa Timur.

Di jalur menuju arah Kota Semarang dan sebaliknya tak sedikit ditemukan lubang jalan menganga dan bergelombang yang siap menelan korban setiap saat. Bahkan ada juga ditemukan lubang jalan menganga hingga 20 centimeter, diantaranya jalan Gajah Mada, Dr Wahidin Sudirohusodo, RE Martadinata, dan Panglima Sudirman. Jika hujan dengan intensitas tinggi  mengguyur, lubang di sejumlah titik jalan tersebut tak terlihat karena tertutup genangan air. Akibatnya tak sedikit pengendara motor yang terperosok dan jatuh dari kendaraannya.  

Guru Besar Teknik Sipil Intitut Sepuluh November, Prof. Ir. Mochtar Indrasurya B, Ph.D kepada Wartasurya.com mengatakan, kerusakan jalan dapat disebabkan oleh 4 masalah diantaranya,  muatan berlebihan kendaraan berat (overloaded), Ketidaksesuaian standard mutu lapisan perkerasan jalan untuk lalu-lintas berat,  kekeliruan dalam pedoman penentuan tebal lapisan perkerasan jalan, kurang baiknya sistem drainase jalan.

“Bila jalan sampai tergenang saat musim hujan, itu diakibatkan buruknya sistem drainase air di sekitar jalan tersebut. Adanya air yang menggenangi permukaan jalan aspal menjadi salah satu penyebab utama kerusakan konstruksi perkerasan jalan, karena perkerasan aspal tidak akan kuat bertahan bila sering tergenang air,” katanya.

Genangan air, lanjut Mochtar, dapat menyebabkan kerusakan pada tanah sub-grade dibawah lapisan perkerasan, yang bila di tambah dengan volume lalu-lintas truk berat yang menyangkut muatan berlebihan merupakan kombinasi yang sangat fatal bagi perkerasan aspal.

“Masalah sistem drainase ini sering terlupakan oleh para perencana jalan, pada hal sistem drainase jalan tidak hanya terbatas pada ruas jalan yang diperbaiki, akan tetapi mencakup interkoneksi saluran drainase jalan dengan sistem drainase yang lebih luas. Paradigma mengejar target efektif dengan melupakan target fungsional drainase harus diubah,” paparnya.

Seperti diketahui, awal tahun 2008 terjadi banjir besar di Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur yang disusul dengan bencana alam yang mengakibatkan terputusnya jalan-jalan nasional/provinsi/kabupaten pada ketiga provinsi di atas. Tentu dapat dipahami mengapa ruas jalan di wilayah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V (Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta) mengalami kerusakan.


Foto : Jalur Pantura yang berlubang
Reporter : M Nazar

Redaktur : Dicky Wijaya
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Jalan Sepanjang Jalur Pantura Tuban Rusak Rating: 5 Reviewed By: Unknown