728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Selasa, 16 Agustus 2016

Ngeri, Banjir Bandang Sapu 4 Desa, Gedung SD Dan Insfratruktur Lain Turut Hancur

Trenggalek - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, mengakibatkan 4 desa terdampak banjir. Selain banjir yang masuk keperumahan warga, dampak banjir tersebut juga menyapu bersih 1 bangunan Sekolah Dasar (SD).

Kerusakan parah terjadi pada bangunan SDN Bendoroto yang sebelumnya sudah amblas diterjang banjir hingga memakan sebagian bangunan. Tak hanya bangunan sekolah saja, bencana banjir kali ini mengakibatkan insfrastruktur jembatan putus, 1 rumah warga ambrol tergerus arus air, dan belasan hektar sawah warga rusak.

Bencana banjir ini juga berdampak pada jalur antar desa yang tersendat karena volume air yang cukup tinggi hingga malam hari.

Kepala Desa Bangun, Puguh Hadi Santoso mengatakan banjir bandang kali ini menerjang sedikitnya 4 desa yang ada di wilayah Kecamatan Munjungan Kabupaten Trengalek.

"4 desa yang terdampak banjir bandang ini diantaranyadesa bendoroto, tawing, bangun dan desa munjungan. Akibat bencana ini sejumlah infrastruktur dan fasilitas umum rusak parah," ucapnya saat dikonfirmasi, Selasa (16/08).

Masih terang Puguh, salah satu bangunan sekolah yakni SD negeri 1 bendoroto yang sebelumnya kehilangan tujuh ruangan akibat banjir bandang sebulan lalu, kali ini semakin justru semakin parah. 4 ruangan yang tersisa, seluruhnya ambruk dan terseret luapan sungai plapar.

Sementara itu jembatan penghubung antar desa juga amblas dan seluruh konstruksi jembatan hilang terseret banjir. "Banjir bandang kali ini dipicu lantaran hujan deras yang terjadi selama tiga hari terakhir. Dan kondisi seperti ini menyebabkan debit air sungai meningkat dan meluber hingga permukiman warga. Bahkan salah satu rumah warga yang baru dibangun, saat ini kondisinya nyaris roboh. Konstruksi rumah tergerus arus banjir," imbuhnya.

Jumlah rumah yang terdampak banjir bandang ini mencapai lebih dari 900 unit. Pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir kali ini hanya saja warga yang terdampak mengalami kerugian materiil hingga jutaan rupiah.

Dalam hal ini Pemerintah Daerah belum bisa memastikan jumlah kerugian akibat bencana banjir bandang kali ini. Dikarena tim BPBD masih melakukan pendataan sejumlah kerusakan yang ditimbulkan. Diprediksi jumlah kerusakan infastruktur masih akan terus bertambah. (C1)

Foto : banjir bandang menerjang perumahan warga Munjungan
Redaktur : Fals Yudistira

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ngeri, Banjir Bandang Sapu 4 Desa, Gedung SD Dan Insfratruktur Lain Turut Hancur Rating: 5 Reviewed By: Unknown