728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Sabtu, 18 Mei 2013

TIPS MENGADAKAN PERJALANAN SOLO


TIPS MENGADAKAN PERJALANAN SOLO

Tidak ada mitra perjalanan ? Tidak masalah ! Berani mengambil keputusan untuk mengadakan perjalanan solo ? Anda mungkin akan terkejut betapa berharga pengalaman itu, terutama jika anda mengikuti tips kami untuk bepergian sendirian. Setelah semua, hanya karena anda bepergian sendiri tidak berarti anda akan kesepian.

Memanjakan diri.
Bersenang-senang dalam kemewahan tidak harus dilakukan dengan pasangan perjalanan (atau sekelompok orang). Menghabiskan sepanjang malam dengan tidur di tempat tidur hotel anda, atau bangun super awal untuk mendaki di suatu tempat pada waktunya untuk menangkap matahari terbit – hanya dengan dirimu satu -satunya yang membuat keputusan perjalanan ini. Punya hobi jelas, ketertarikan, atau menikmati wisata kuliner, dengan mengunjungi salah satu restoran favorit dan cicipi aneka rasa dalam makanan. Mantapkan tujuan anda tanpa sedikit keraguan atau hanya menghabiskan seluruh perjalanan anda dengan memeriksa museum aneh di kota yang anda kunjungi, dimana keseluruhan perjalanan anda pasti menyenangkan tanpa ada halangan yang merintangi. 

Bawa sebuah extender kamera.

Traveling sendirian bukan berarti anda harus kehilangan momen penting liburan anda. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap tempat yang anda kunjungi, bawa selalu kamera dalam tas atau saku anda. Anda dapat berpose di depan tempat wisata terkenal yang anda kunjungi. Dapatkan sebuah gambar dengan hasil yang jelas (tanpa harus mempercayakan kamera anda kepada orang asing) dengan menggunakan extender kamera, yang dapat anda gunakan untuk mengambil potret diri. 

Berteman.
Hanya karena anda bepergian sendiri tidak berarti anda harus sendirian sepanjang seluruh perjalanan. Ada salah satu cara terbaik untuk bersosialisasi di jalan. Ketika anda makan sendirian, duduk di bar (atau counter), di mana anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memulai percakapan daripada jika anda sedang duduk di meja. Mengobrol dengan seorang pelayan atau bartender untuk tips tentang pemandangan lokal terbaik, atau berkomunikasi dengan sesama pengunjung / peminum tentang tempat-tempat rahasia indah yang belum pernah anda kunjungi tetapi mereka telah menemukan sejauh ini. Gunakan waktu transit anda dengan bijaksana dan mengobrol dengan seatmates anda jika mereka bersedia. Jika anda ingin menjalin persahabatan, bergabung dengan tur kelompok, bahkan jika itu hanya untuk beberapa jam, bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang – orang baru.
Jika bus pariwisata dan pemandu tidak menyediakan fasilitas lain, anda dapat mempertimbangkan untuk mendaftar dengan Meetup (sebuah website yang berisi daftar pertemuan untuk hampir setiap kepentingan di ratusan kota) dan menghadiri sebuah acara penuh dengan orang yang berpikiran seperti saat anda saat berada di perjalanan sendiri.

Tetap merasa aman.

Traveling sendirian berarti bahwa tidak ada orang untuk menonton “punggung” anda kecuali diri anda sendiri. Agar hasil maksimal dari perjalanan anda, pastikan untuk tetap aman - anda tidak ingin membuang waktu di kantor polisi atau kedutaan (atau lebih buruk lagi : di rumah sakit) setelah kejadian perampokan, misalnya. Tips sederhana untuk keamanan terutama perempuan yang bepergian sendiri (sebagian tips yang berlaku untuk kedua jenis kelamin) untuk beberapa nasehat yang baik.
Yang paling penting, sebelum anda mengadakan perjalanan, melakukan sedikit penelitian daerah mana yang tidak aman, yang harus anda hindari setelah gelap, kira – kira jenis penipuan apa yang kemungkinan akan terjadi, dll. Pastikan keluarga di rumah untuk tahu jadwal anda kembali dari liburan, perkiraan anda kapan dan faktor apa nantinya yang menyebabkan terjadinya keterlambatan, 

dan berhati – hati juga dalam menyimpan barang berharga, sebaiknya titip kepada seseorang yang bisa dipercaya atau perlu juga sedikit waspada terhadap orang asing yang anda temui ditempat tujuan.

Membawa bahan bacaan.

Anda mungkin memiliki banyak waktu sendirian ketika perjalanan solo, jadi pastikan bahwa anda tidak membuang waktu dengan kesendirian anda, miliki atau luangkan waktu dengan banyak membaca buku yang menjadi favorit anda. Manjakan diri anda dengan beberapa buku yang anda bawa dan anda akan selalu merasa seperti ada seorang pendamping ketika anda makan atau naik kereta sendiri. Juga, jika anda bepergian sendirian di sebuah negara di mana anda tidak dapat berbicara dalam bahasa mereka kecuali bahasa umum seperti bahasa Inggris, sebagian waktu yang tersisa setelah menikmati perjalanan anda, dapat anda habiskan dengan membaca buku. Memilih buku – buku dengan tema ringan dan bersifat ilmu pengetahuan umum atau jenis buku – buku fiksi bisa menjadi percakapan starter yang baik ketika orang asing bertanya apa yang anda baca, tetapi e-book dapat menghemat ruang utama di bagasi anda.

Menghindari “Single Supplement
Sayangnya, wisatawan solo pada beberapa kapal pesiar dan wisata banyak mendapatkan beberapa masalah dengan “suplemen tunggal” dan biasanya mereka sulit beradaptasi dengan mitra perjalanan baru dalam satu kamar, juga mahalnya harga yang ditawarkan. Sebaiknya sebelum anda memesan tempat ke sebuah perusahaan perjalanan wisata, adakan dulu penelitian - beberapa tempat memiliki pilihan yang akan membiarkan anda memilih untuk dipasangkan dengan lain traveler tunggal sebagai teman sekamar, sehingga anda masih bisa mendapatkan tingkat yang lebih murah disamping teman travel baru yang menyenangkan. Untuk kapal pesiar, mencari kapal yang menawarkan satu kamar (dan beberapa fasilitas tambahan gratis) atau jalur pelayaran yang menjalankan transaksi besar yang mungkin bersedia untuk membebaskan beberapa biaya tambahan.

Tidak beruntung ? Coba cari beberapa iklan dibeberapa media masa yang memungkinkan anda mendapatkan bantingan harga dengan fasilitas yang nyaman untuk perjalanan yang anda tertarik - anda mungkin menemukan lain solo traveler dalam satu ruangan kamar yang memiliki minat sama seperti anda sehingga perjalanan wisata menjadi menarik.

Hostel.
Hindari kamar hotel mahal untuk hanya satu orang dan memiliki cara built-in untuk bertemu orang - orang dengan tinggal di asrama. Tidak ingin berbagi ruang di perjalanan solo anda ? Banyak hostel memiliki kamar pribadi (beberapa bahkan en suite) yang masih lebih murah daripada hotel tradisional. Hostel biasanya menawarkan banyak ruang umum (seperti dapur dan ruang TV) di mana orang berkumpul untuk bertemu sesama pelancong. Kebanyakan hostel mengatur kegiatan sehari-hari (baik itu untuk acara menonton film dimalam hari atau hanya sekedar kumpul dan berbincang di bar), sehingga anda dapat menemukan kelompok yang baik untuk pergi keluar menikmati pemandangan alam dalam liburan solo anda. Atau, periksa papan pesan asrama, di mana wisatawan sering posting jika mereka sedang mencari orang untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat bersama – sama dengan mereka.

Sebelum berangkat, jangan lupa juga persiapan – persiapan yang lain seperti jaga kesehatan sehingga pada saat anda berangkat dalam kondisi tubuh prima, juga beberapa surat identitas diri jangan dilupakan. Selamat menikmati liburan anda.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: TIPS MENGADAKAN PERJALANAN SOLO Rating: 5 Reviewed By: Unknown