728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Senin, 26 September 2016

Pelajar Di Trenggalek Sekarang Banyak yang Menjadi Anggota PKS

Trenggalek - Dalam Rangka HUT Korp Polantas ke 61 tahun 2016, Kepolisian Resort Trenggalek Jawa Timur, menggelar Apel Besar Patroli Keamanan Sekolah (PKS), yang di ikuti oleh siswa-siswi pelajar tingkat SD/SMP sekabupaten Trenggalek, Senin (26/09). Bertempat dihalaman Mapolres Trenggalek bertindak sebagai Inspektur Apel, Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak.

Mengambil tema September Ramah/Hosptaly peringatan HUT Korp Polantas ke 61 tahun 2016, tujuan PKS ( Patroli Keamanan Sekolah) ini tak lain adalah untuk  mengatur lalu lintas dilingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyebrangkan siswa-siswi yang akan menuju kesekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah.

Selain itu PKS juga bertugas ditempat-tempat lain yang sedang melaksanakan kegiatan sekolah, seperti saat kegiatan Porsenil, perayaan hari-hari besar dan kegiatan lainnya. Walaupun PKS ini hanya bertugas untuk kawan-kawan di sekolahnya, namun mereka tetap melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain.

Saat dikonfirmasi usai Apel, Bupati Emil mengapresiasi pelajar-pelajar yang tergabung dalam anggota PKS yang secara langsung digawangi pihak kepolisian resort Trenggalek. "Didasarkan oleh rasa memiliki terhadap sekolah didalam menjaga ketertiban dan keamanannnya, maka para pelajar ini mewujudkannya kedalam suatu wadah organisasi guna mempermudah pengkondisiannya, dan dalam hal ini adalah PKS", ucapnya.

Pada saat itulah ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut. Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi Keamanan Sekolah, maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah berganti  nama dengan Patroli Keamanan Sekolah.

Diakui suami Arumi Baschin ini, dengan adanya anak-anak pelajar yang dinaungi oleh Polres Trenggalek ini menjadi salah satu bentuk kepedulian pihak kepolisian khususnya Satlantas Polres Trenggalek dalam rangka mengantisipasi dan mengurangi angka kecelakaan lalulintas karena minimnya pengertian akan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Ruang lingkup dari Patroli Keamanan Sekolah mengalami peluasan dan penyempitan.

"Tugas dari anggota PKS ini juga sangat berpwran penting, karena dengan adanya pendidikan kelalulintasan yang ditanamkan sejak usia dini seperti ini akan memberikan dampak yang positif dan mampu mengurangi angka laka lantas utamanya di wilayah Trenggalek", tegas Emil.

Bupati Emil juga berharap kepada anggota PKS ini untuk memberikan kesan yang baik dalam tugas yang diemban karena tugas pokok PKS adalah wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan dan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalulintas.

Editor : Fals Yudhistira

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pelajar Di Trenggalek Sekarang Banyak yang Menjadi Anggota PKS Rating: 5 Reviewed By: Unknown