728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Selasa, 14 Juni 2016

Bupati Emil Tak Yakin, Pemasangan EWS Mampu Kurangi Korban Bencana

Trenggalek - Bencana tanah longsor yang terjadi didesa Gempolan Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek kemarin turut mengundang kepedulian Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak.

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB malam tersebut nyatanya tak membuat orang nomor 1 dijajaran Pemerintah Kabupaten Trenggalek ini tinggal diam.

Disela-sela kesibukannya menjadi pemimpin daerah, Emil sapaan menyempatkan diri untuk menyambangi korban luka bencana longsor yakni Pranata Putra Brianma, bayi mungil yang masih berusia 4 bulan yang selamat dari peristiwa naas tersebut.

Selain bayi Pranata, bencana longsor yang menimpa hampir sebagian rumah milik Sumardi (Kasun) Gempolan ini juga menyeret Sadilah (45) yang mengalami luka pada kakinya akibat tertimbun reruntuhan tembok rumahnya serta Marikem (90) yang menjadi korban tewas dalam kejadian tersebut.

"Sebelum kejadian tanah longsor ini memang kami sempat meninjau jalan penghubung kecamatan Suruh-Pule yang ambles akibat tergerus derasnya arus sungai. Dan alhamdulillah kami tidak jadi memilih alternatif untuk melakukan pelebaran jalan dari tebing ke atas tetapi tetap memperkuat sungainya," ucap Emil saat dikonfirmasi, Selasa (14/06).

Kalau melihat, kata Emil kondisi rumah warga yang sebagian besar pemukimannya terletak bersandingan dengan tebing-tebing tinggi, langkah Pemerintah Kabupaten dalam menangani permasalahan tersebut bukan tidak mungkin semuanya harus direlokasi.

Letak geografis Kabupaten Trenggalek yang notabenenya merupakan daerah pegunungan dan perbukitan memang tidak dapat dipungkiri akan banyak sekali potensi bencana yang akan terjadi salah satunya bencana longsor.

"Dan hal ini tidak dapat di tebak, kapan dan dimana bencana itu akan terjadi. Makanya kami meminta kembali kepada BPBD yang secara langsung bersinggungan dengan daerah padat pemukiman sehingga perlu adanya penyikapan," tegasnya.

Pihaknya menegaskan dalam hal menanggulangi bencana khususnya di wilayah Kabupaten Trenggalek untuk segera dilakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang mempunyai topografi yang mirip dengan tempat kejadian longsor didesa Gamping Kecamatan Suruh.

Tidak memungkinkan, masih lanjut pria dengan gelar doktor termuda ini,Pemkab akan memasang Early Warning System (EWS) disejumlah titik rawan bencana.

Dikarenakan pemasangan EWS itu sendiri memang benar-benar ditempatkan kepada lokasi bencana yang signifikan.

"Jika diseluruh titik rawan bencana dipasang EWS memang lumayan ekstensif jumlahnya. Dan kita juga tidak yakin apakah dengan pemasangan EWS tersebut dapat mengurangi adanya korban bencana," tegasnya.

 

Ket Gambar : Bupati Emil sambangi bayi Pranata korban bencana longsor di RSUD Trenggalek

Reporter : Fals Yudistira

 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bupati Emil Tak Yakin, Pemasangan EWS Mampu Kurangi Korban Bencana Rating: 5 Reviewed By: Unknown