728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 09 Juni 2016

Mabes TNI AD Sidak Penggilingan Padi Di Trenggalek

Trenggalek - Salah satu upaya dalam rangka membentuk kesejahteraan petani, Dinas Pertania Kehutanan dan Perkebunan (Dispertahutbun) Kabupaten Trenggalek menggandeng anggota TNI sebagai bentuk pendampingan selama musim tanam padi.

Kali ini Kabupaten Trenggalek mendapat tamu kehormatan yakni Brigjen Agus Heru selaku Pati Sus Bidang Tiptek Mabes TNI AD yang berkesempatan meninjau langsung stok beras disalah satu pabrik penggilingan padi didesa Sambirejo Kecamatan Trenggalek.

"Hari ini dilakukan sidak dari anggota Mabes TNI AD serapan gabah sebelum masuk ke Buloq. Dan untuk Kabupaten Trenggalek sudah mencapi 91,88 % hampir mencapai target tercatat sejak April sampai Sepetember mendatang," ucap Joko Surono selaku Kepala Dispertahutbun saat ditemui dilokasi peninjauan, Kamis (09/06).

Menurutnya, stok  beras di Kabupaten Trenggalek dirasa cukup sampai waktu yang ditentukan. Salah satu contoh penggilingan padi yang telah bekerjasama dengan Buloq, yang dikawal bersama-sama dengan anggota TNI.

Dengan menghadirkan sejumlah Gapoktan diharapkan mampu mensupport penjualan gabah sampai ke tangan Buloq tanpa perlu mengimport beras sehingga kesejahteraan petani di Trenggalek bisa terjamin.

"Harapan kita dengan adanya peninjauan dalam rangka ketahanan pangan kali ini juga sesuai dengan harapan Pemerintah bisa tercapai sehingga kita tidak mengalami krisis pangan," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah Brigjen Agus Heru mengatakan setelah dilakukan pengamatan utamanya dibidang pangan di Kabupaten Trenggalek sudah cukup berjalan lancar. Hanya saja perlu dilakukan pendampingan lebih intensif guna pada saatnya nanti ketahanan pangan bisa tercukupi.

Melihat kondisi pertanian di wilayah Kabupaten Trenggalek yang cukup luas, pada dasarnya tidak ditemukan kendala yang berat untuk penanganannya. Tetapi karena minimnya komunikasi antara petani dengan Gapoktan, Balai Penyuluh Kabupaten ataupun kepada Dinas yang membidangi seperti kekurangan pupuk yang digunakan selama masa tanam padi hingga panen.

"Makanya dengan adanya komunikasi yang jelas ini diharapkan segala permasalahan yang dihadapi petani bisa terselesaikan dan kesejahteraan petani bisa terwujud secara nyata," pungkas Agus.

Foto : Peninjauan Kepala Dispertahutbun dan Anggota Mabes TNI AD dipabrik penggilingan padi
Reporter : Fals Yudistira

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mabes TNI AD Sidak Penggilingan Padi Di Trenggalek Rating: 5 Reviewed By: Unknown