728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Jumat, 10 Juni 2016

Sektor Pariwisata Trenggalek Berhenti Total Nelayan Ngaplo

Trenggalek - Sepekan terakhir kondisi pesisir selatan Pantai diwilayah Kabupaten Trenggalek sangat mencemaskan, pasalnya banjir Rob melanda pantai-pantai dikawasan Kota Tempe Kripik diantaranya Pantai Prigi, Blado dan Konang.

Dampak dari banjir tahunan ini membuat sejumlah nelayan di Pantai Prigi Kecamatan Watulimo enggan melaut. Tingginya gelombang air laut, dirasa nelayan untuk tidak beraktifitas dilautan dan lebih memilih memperbaiki kondisi kapal yang perlu adanya perbaikan.

Hal tersebut tentu mengakibatkan harga ikan laut segar menjadi melonjak naik karena minimnya nelayan yang mencari tangkapan ikan dilautan. Arus perekonomian disektor pariwisata inipun praktis berhenti total.

"Siapapun pasti lebih memilih tidak melaut dibandingkan dengan mencari ikan tetapi resikonya adalah nyawa. Ombak yang cukup tinggi menjadi faktor pemicu utama, nelayan di Pantai Prigi tidak melaut," ucap Nuryatim salah satu nelayan, saat dikonfirmasi, Jumat (10/06).

Menurutnya, ketinggian ombak yang mencapai 4 meter menjadikan sejumlah nelayan enggan mengambil resiko tinggi jika tetap memilih untuk melaut.

Para nelayan lebih mengutamakan keselamatan ketimbang memilih resiko yang bisa membahayakan nyawanya. Namun, meski tidak melaut, nelayan-nelayan ini juga tidak berdiam diri saja melainkan melakukan aktifitas didaratan seperti membenahi kerusakan pada perahu jenis porsein atau perahu slerek miliknya.

"Dampaknya harga ikan-ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan menjadi sedikit naik, bisa mencapai 2-3 kali lipat dari harga biasanya. Dan kondisi seperti ini diperkirakan terjadi hingga sepekan kedepan," tegas Yatim.

Sebelumnya, masih terang Yatim, hampir seluruh pesisir pantai selatan di Kabupaten Trenggalek terserang banjir Rob. Akibatnya sejumlah warung dan infrastruktur jalan didaerah wisata tersebut terendam banjir.

Foto : Perahu nelayan yang sandar di Pelabuhan Prigi
Reporter : Fals Yudistira

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sektor Pariwisata Trenggalek Berhenti Total Nelayan Ngaplo Rating: 5 Reviewed By: Unknown