728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 09 Juni 2016

Gelar Gladi Posko, Kodim 0806 Trenggalek Siap Tanggulangi Bencana

Trenggalek - Dalam rangka mewujudkan kondisi wilayah yang aman dan jauh dari bencana alam, anggota TNI Kodim 0806 melakukan Gladi Posko tahun 2016 yang bertajuk Kodim 0806 melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah yang terfokus Operasi Militer selain Perang, Kamis (09/06).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan para perwira staf dalam prosedur hubungan kerja maupun koordinasi dengan berbagai instansi utamanya melakukan pendampingan guna membantu menanggulangi bencana Tsunami diwilayah Kecamatan Watulimo dan Munjungan.

Dipimpin langsung oleh Dandim 0806 Kabupaten Trenggalek, Letkol Arm Bayu Argo Asmoro, pelaksanaan gladi posko yang diikuti oleh 35 peserta ini dilaksanakan selama 3 hari diluar waktu sebenarnya yaitu 6 bulan.

Berdasarkan hasil gladi posko yang dilaksanakan dihari pertama dengan memberikan permasalahan dari penyelenggara terhadap pelaku dalam hal ini Perwira Staf tentang bangsit di wilayah Trenggalek. Salah satunya tentang kejadian bencana alam yang selanjutnya tugas dari perwira staf tersebut untuk melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam menjawab atau mengatasi permasalahan itu sendiri.

"Dari hasil koordinasi itulah, perwira staf melaporkan kepada pimpinan untuk dilakukan pengambilan keputusan dengan mengundang jajaran Forkopimda guna berkoordinasi terkait perekembangan situasi yang terjadi saat itu," terang Bayu.

Dihari berikutnya,perwira staf kembali diberikan permasalahan oleh penyelenggara tentang situasi dan kondisi diwilayah Trenggalek, misal dari BMKG Jatim yang menunjukkan bahwa sering terjadi gempa bumi dan tidak menutup kemungkinan terjadi Tsunami di wilayah pesisir selatan Trenggalek.

Kata Bayu masing-masing perwira staf memaparkan tentang rencana yang akan dilaksanakan jika terjadi bencana Tsunami. Seperti evakuasi warga menuju lokasi pengungsian dan menyalurkan bantuan serta memberikan pertolongan tak lupa mendata korban bencana.

Usai situasi dirasa kondusif, warga yang menjadi korban segera dilarikan ke RSUD Trenggalek sedangkan korban tewas untuk dimakamkan.

"Gladi posko yang dilakukan di Kodim 0806 ini diharapkan mampu mempertahankan SDM TNI dalam rangka menanggulangi bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Trenggalek. Karena akan dilanjutkan dengan gladi posko lapangan yang terpusat di Kecamatan Watulimo," imbuhnya.

Foto : Dandim sedang memimpin Operasi Penanganan Bencana Tsunami dari masing2 Stafnya di Atas Peta
Reporter : Fals Yudistira

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Gelar Gladi Posko, Kodim 0806 Trenggalek Siap Tanggulangi Bencana Rating: 5 Reviewed By: Unknown