728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Senin, 25 Februari 2013

Korem 043 Garuda Hitam Terus Berbenah

Mayor infantri Subagya Pujiarno, S.Sos

Lampung, Tentara Nasional Indonesia (TNI) meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai hal, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) termasuk menjaga ketertiban agar rakyatnya  hidup aman, damai dan sejahtera. Bukan sebaliknya, mengusik ketenangan dan kedamaian masyarakat. Demikian diungkapkan Humas Penrem Korem 043 Garuda Hitam (Gatam), Mayor infantri Subagya Pujiarno, S.Sos, kepada Adhit Sabarno, Reporter metrosurya.com di Lampung belum lama ini.

Dikatakannya, Korem 043/Gatam yang merupakan bagian dari Kodam II/Sriwijaya mempunyai tugas, menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara di darat termasuk di provinsi Lampung.

Selain itu, menyelenggarakan pembinaan siap operasi pertahanan, pembinaan territorial, pelayanan banmin di wilayah, dan fungsi ke garnisunan di wilayah provinsi Lampung guna menjaga kedaulatan NKRI. Program itu diantaranya, melaksanakan pembinaan satuan dan, melaksanakan pembinaan teritorial dengan metode :
bhakti TNI, dalam arti pelibatan TNI sebagai komponen utama pertahanan dalam membantu kegiatan kemanusiaan (Civic Mission) atau untuk menangani masalah-masalah social kemasyarakatan secara langsung melaksanakan kegiatan kemanusiaan ataupun atas insiatif sendiri.

Pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) juga merupakan upaya perwujudan ketahanan suatu wilayah guna meningkatkan kepekaan, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menangkal setiap AGHT, yang membahayakan masyarakat itu sendiri.

Komunikasi sosial juga sangat penting, agar dalam setiap kegiatan selalu menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh masyarakat komponen bangsa, sehingga timbul saling pengertian tentang peran tugas dan fungsi masing-masing serta tumbuhnya partisipasi positif di bidang pertahanan dan meningkatkan hubungan yang harmonis terhadap sesama sehingga akan Meningkatkan Citra TNI dan Memperkokoh Kemanunggalan TNI dan Rakyat.

TNI adalah Warga Negara Indonesia (Sapta Marga ke-1) yang tidak dapat dipisahkan dari rakyat Indonesia. Justru itu, Kemanunggalan TNI-Rakyat menjadi sebuah keyakinan yang harus dikembangkan/ dimantapkan dari waktu ke waktu.

Kemanunggalan TNI dan Rakyat merupakan Harga mati yang harus diterapkan di Satuan Korem 043/Gatam. Keberadaan Korem 043/Gatam dan Jajarannya diharapkan diakui dan dimiliki oleh masyarakat, sehingga tidak ada keraguan lagi bagi masyarakat untuk takut dan enggan berhubungan dengan Korem 043/Gatam, sehingga diharapkan masyarakat akan memberi saran dan masukan agar korem 043/Gatam dan jajarannya lebih solid ke depan. Rasa takut terhadap TNI sedikit demi sedikit akan kami hilangkan agar tercipta komunikasi yang harmonis antara Korem 043/Gatam dengan Rakyat melalui saling silaturahmi antara satu dengan yang lain.

"Kewajiban prajurit agar mengenalkan diri kepada masyarakat, tanpa harus menguasai wilayah binaannya dan selalu memberi contoh yang baik kepada masyarakat keberadaan TNI harus memberi manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Seperti diketahui, lanjut Subagya, TNI dengan segala kiprahnya dalam membangun  bangsa dan negara serta menjalin hubungan yang harmonis kepada semua masyarakat, TNI adalah aset  negara dan bangsa  yang patut dicintai dan dihargai.

Reporter : Adhit Sabarno, Lampung 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Korem 043 Garuda Hitam Terus Berbenah Rating: 5 Reviewed By: Unknown