728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Selasa, 29 Maret 2016

Kualitas SDM Anak Surabaya Harus Ditingkatkan

Surabaya – Kota Surabaya kini tengah menghadapi tantangan era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang salah satunya memfokuskan rencana kerja pembangunan daerah tahun 2017 melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Hal itu diungkapkan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Surabaya tahun 2016 di ruang Pola kantor Bappeko Surabaya, Rabu (30/3).

"Kami lebih banyak ke SDM. Sebab, tantangan kita ke depan menyangkut SDM. Karena sebagus apapun kita membangun kota, kalau warganya tidak mendapat kesempatan, tidak ada guna. Untuk itu, kami akan konsentrasi pada kualitas SDM," tegas Wali Kota Tri Rismaharini.

Salah satu cara guna meningkatan kualitas SDM, Pemkot Surabaya telah memberikan beasiswa termasuk sertifikasi sejumlah pelatihan kerja bagi anak-anak dan pekerja di Surabaya. Bahkan Pemkot Surabaya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT Garuda Indonesia. "Ada beasiswa yang bisa diambil oleh anak-anak kita. Kita akan dorong itu. Apapun peluangnya harus bisa ditangkap," sambung wali kota.

Terkait hal itu, Pemkot Surabaya juga terus berupaya mempermudah akses bagi perkembangan dunia usaha termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tersebar di 154 kelurahan di Surabaya.    

Untuk itu, Wali Kota juga meminta agar perangkat di tingkat Kelurahan berperan aktif mensosialisasikan pentingnya izin usaha dan juga hak paten dari produk UKM dan UMKM. Dalam hal ini, Pemkot Surabaya siap membantu penuh semua kebutuhan perizinan UKM dan UMKM di Surabaya.

Nantinya bila pelaku UKM/UMKM belum memiliki izin usaha atau hak paten perangkat di kelurahan dapat membantuanya melalui Media Center Pemkot Surabaya atau melalui sms ke nomor 0812 3025 7000, portal sapawarga.surabaya.go.id, email Media Center @ Surabaya.go.id atau akun Facebook: Sapawarga Kota Surabaya.

"Silahkan kalau ada masalah terkait UKM/UMKM disampaikan ke Media Center. Kami akan bantu perizinan hak patennya. Bahkan, kita datang juga tidak masalah. RW dan lurah tolong juga disampaikan ke warga. Ini menjadi penting karena bisa menjadi alat untuk memenangkan persaingan ekonomi," sambung wali kota.    

Namun demikian Pemkot Surabaya juga tetap memperhatikan pembangunan infrastruktur yang direncanakan akan dimulai tahun ini. "Infrastruktur ada. Nanti barengan. Ada pengerjaan underpass Jalan Mayjen Sungkono, underpass Jalan A Yani, Bundaran PTC. Jadi cukup banyak di 2016 ini. Termasuk nanti trem (angkutan massal cepat)," jelas wali kota.

Hadir dalam Musrenbang Kota Surabaya tahun 2016 tersebut diantaranya Kepala Bappeko Surabaya, Agus Imam Sonhaji, jajaran Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Surabaya, pimpinan DPRD Kota Surabaya, para ahli/profesional, praktisi, akademisi, delegasi kecamatan, serta perwakilan dari Lembaga Ketahanan Masyarakat Kelurahan (LKMK).



Reporter : Munawar
Editor : Agus Purwanto  
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kualitas SDM Anak Surabaya Harus Ditingkatkan Rating: 5 Reviewed By: Unknown