728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Senin, 13 Januari 2014

Gawat, Sumur Sukowati Bocor

BOJONEGORO-Sumur Sukowati 29 di Desa Ngampel, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Senin sekitar pukul 17.55 WIB bocor dan mengeluarkan gas beracun yang mengakibatkan dua orang pingsan serta belasan lainnya keracunan.

"Gas beracun H2S (Hidrogen Sulfida) yang keluar dari sumur minyak Sukowati mengakibatkan yang menghirup pingsan, serta lainnya mual-mual dan mengalami pusing," kata Kapolsek Kapas AKP Suprijono, di lokasi kejadian, Senin (13/1) malam.

Ia menjelaskan bocornya sumur minyak Sukowati 29 di lapangan B disebabkan ada batang besi dari atas "rig" terjatuh yang kemudian menimpa mulut sumur.

Ketika itu, katanya, ada sejumlah pekerja yang melakukan pekerjaan membongkar "rig", karena pengeboran sumur minyak 29 yang dilakukan Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java (PPEJ) sudah selesai.

"Karena mulut sumur minyak tertimpa batang besi menjadi terbuka, sehingga mengeluarkan gas beracun H2S selama beberapa menit," ujarnya.

Di lokasi kejadian, menurut dia, salah satu pekerja yang bernama Ayat pingsan dan menderita luka memar di kepala karena terjatuh dari ketinggian sekitar lima meter. "Dia (Ayat) saat ini menjalani perawatan di RS Aisyiyah," jelasnya.

Yang jelas, menurut dia, kondisi bocornya sumur minyak Sukowati 29 sudah terkendali, sebab sudah berhasil ditutup kembali oleh para pekerja.

Sementara itu, Ketua RT 3 Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Komari, menambahkan dampak bocornya sumur minyak Sukowati 29 mengakibatkan belasan warga RT 3 yang rumahnya hanya berjarak sekitar 400 meter dari lapangan B sempat menghirup gas yang keluar dari sumur minyak.

Belasan warga, katanya, mengalami mual-mual, muntah dan kepala pusing, bahkan salah satu warganya yang bernama Sumiyati (42), pingsan.

"Warga sudah memperoleh pengobatan dari petugas medis JOB PPEJ termasuk memperoleh pembagian masker," jelasnya.

Dimintai konfirmasi, "Field Admint Superintendent" JOB PPEJ Basit Syarwani menjelaskan pihaknya masih akan meneliti penyebab pasti terjadinya kebocoran di sumur minyak Sukowati 29.
"Kami secepatnya melaporkan kejadian ini kepada SKK Migas," jelasnya.

Foto : Blok Sukowati Bojonegoro

Reporter :  Endo Baharsyah
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Gawat, Sumur Sukowati Bocor Rating: 5 Reviewed By: Unknown