728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Kamis, 19 Mei 2016

Gebyar PAUD, Ajak Anak Usia Dini Belajar Kearifan Lokal

Trenggalek - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 1 Juni di Indonesia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek menggelar Gebyar PAUD dalam kegiatan Bina Kreatifitas Guru dan Peserta PAUD didik, Kamis (19/05). Dengan menampilkan kreatifitas serta ketrampilannya masing-masing, seluruh lembaga PAUD dikabupaten Trenggalek terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Diikuti dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Gebyar PAUD ini dimaksudkan agar anak-anak usia dini dapat mengingat dan menumbuhkan rasa cinta budaya daerah lokal baik tari-tarian ataupun budaya adat yang ada di indonesia.

"Selain hari ini saya dinobatkan sebagai Duta PAUD generasi sehat cerdas di kabupaten Trenggalek, hal ini merupakan salah satu wujud keseriusan Pemerintah daerah untuk menghadapi generasi-generasi penerus bangsa sejak usia dini," ucapnya saat dikonfirmasi usai pelaksanaan gebyar PAUD.

Menurutnya, setiap daerah pasti akan memperingati Hari Anak Nasional dengan cara masing-masing salah satunya di Trenggalek yang memilih memperingatinya dengan menggelar gebyar PAUD yang akan diikuti oleh seluruh PAUD dengan menyuguhkan karakter dari masing-masing kecamatan.

Dan menjadikan gebyar PAUD tini sebagai sarana pembelajaran anak-anak usia dini, karena anak-anak pada dasarnya akan lebih mudah memahami apa yang dilihat secara kasat mata.

Sebagai pondasi terbentuknya karakter anak setidaknya orang tua murid ataupun tenaga pendidik PAUD diharapkan mampu memberikan ilmu atau keterampilan yang benar-benar mampu ditangkap dan diaplikasikan oleh anak itu sendiri nantinya. Utamanya dalam kehidupan sehari-hari atau dilingkungan tempat tinggal, peran serta orang tua sangat menentukan perkembangan dan karekteristik anak untuk menjadi lebih baik dengan mengacu kearifan lokal masing-masing desa ataupun daerah.

Ibu 2 anak ini mengeaskan bahwa kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin tahunan yang akan diselenggarakan dengan tujuan memberikan motivasi dan membimbing anak-anak usia dini untuk lebih belajar dan belajar lebih dari apa yang sudah dilakukan dan dilihat.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa Kabupaten trenggalek merupakan salah satu kabupaten percontohan atau file project bank dunia yang disitu kita bisa mendapatkan bantuan untuk mengedukasi ataupun diklat guru-guru baik tingkat PAUD sampai berkelanjutan dan yang bisa kita lakukan disini adalah diklat berjenjang," tegas Arumi.


Foto : Salah satu persembahan yang ditunjukkan dalam gebyar PAUD di Trenggalek

Reporter : Fals Yudistira

 

 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Gebyar PAUD, Ajak Anak Usia Dini Belajar Kearifan Lokal Rating: 5 Reviewed By: Unknown