728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Selasa, 31 Mei 2016

Bupati Trenggalek Launching Desa Wisata

Trenggalek - Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup unik dan manarik. Seperti keindahan alam coban rambat yang menyuguhkan pemandangan yang patut untuk disambangi.

Berada dikaki gunung Wilis Desa Dompyong, konon dimasa penjajahan Belanda kawasan tersebut merupakan daerah yang  terdepan dibidang perekonomian. Keberadaan coban rambat atau air terjun alami khas desa Dompyong ini juga tak kalah cantik dengan air terjun didaerah-daerah lainnya.

Kali ini, Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak berkesempatan melaunching serta mengukuhkan Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) berserta pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek periode 2016-2021.

Adanya pengukuhan Asidewi dan Pokdarwis ini diharapkan nantinya memberikan konsekwesi atas potensi keindahan alam desa Dompyong  guna meningkatkan pendapatan asli desa serta memberikan kesempatan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

"Desa Wisata merupakan salah satu potensi wisata baru yang mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui potensi alam yang ada dimasing-masing desa. Dengan mengambil misi dari spirit kearifan lokal adanya desa wisata ini diharapkan bisa menjadikan desa wisata yang lebih berpotensi dan layak huni bagi masyarakat setempat sehingga dapat menumbuhkan suatu bangsa yang bermartabat," ucap Andi Yuwono selaku Ketua Asidewi Indonesia, Selasa (31/05).

Menurutnya, adanya Desa Wisata ini juga akan berdampak bagi masyarakat desa setempat sebagai pemilik, pengelola dan penikmat segala sesuatu yang berkaitan dengan potensi yang dimiliki.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Emil didampingi wakilnya Mochammad Nur Arifin juga ikut merasakan keindahan alam yang ada di Desa Dompyong saat meninjau coban rambat. Letaknya yang tidak jauh dari jalur utama menjadikan lokasi air terjun cantik ini mudah dijangkau wisatawan.

Derasnya air terjun yang konon tidak pernah kering ini mampu digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik hidro mekanik yang menghasilkan daya listrik hingga 5.000 VA.

"Karena turunan menuju air terjun ini cukup curam belum lagi ketika hujan mengguyur kawasan ini jalanan menjadi licin membuat Pemerintah Daerah segera memperbaiki akses menuju coban rambat ini dengan membuat tangga jalan guna mempermudah ke lokasi wisata coban rambat," tegasnya.



Foto : Bupati Emil dan Wabup Arifin nikmati keindahan alam coban rambat didesa Domypong
Reporter : Fals Yudistira
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bupati Trenggalek Launching Desa Wisata Rating: 5 Reviewed By: Unknown