728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Jumat, 20 Mei 2016

Bupati Trenggalek Minta Diajari Jaranan

Trenggalek - Ribuan siswa-siwsi sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek nampak terlihat memadati halaman Alun-Alun dalam rangka memeriahkan Festival Rakyat Trenggalek yang akan diselenggarakan selama 3 hari kedepan. Tampak terlihat antusias warga Trenggalek dalam acara ini, tak terkecuali Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak bersama istrinya Arumi Baschin.

Tercatat 1400 peserta tingkat SD dari 14 Kecamatan di Kabupaten Trenggalek, dengan semangat menarikan tarian khas tradisional yakni Turonggo Yakso. Menggunakan pakaian ala jaranan turonggo yakso, para peserta berlenggak-lenggok mengikuti alunan musik jaranan yang juga disaksikan oleh puluhan ribu pasang mata.

Usai pertunjukkan tarian turonggo yakso disuguhkan, Bupati Emil tak segan-segan meminta kepada salah satu perwakilan peserta untuk mengajarinya menari jaranan Turonggo Yakso. Dengan gaya yang masih kaku, bapak 1 anak ini nampak serius mengikuti setiap gerakan yang dicontohkan oleh peserta tari.

"Hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa karena setiap gerakan tari itu tidaklah mudah bagi setiap orang bisa menirukan atau mengaplikasikannya. Alhasil ketika saya meminta untuk diajari menari Turonggo yakso sangat sulit untuk pemula seperti saya," ucapnya.

Selain itu, Emil juga mengatakan bahwa menari dengan waktu yang cukup lama serta gerakan yang begitu banyak dirasa tidaklah mudah. Pihaknya mengaku bangga akan warisan budaya daerah salah satunya tari turonggo yakso yang menjadi salah satu ikon di Kabupaten Trenggalek sehingga kedepan festival serupa dapat digelar kembali.

Lanjut Emil, kegiatan tersebut merupakan salah satu hiburan masyarakat Trenggalek dan dirasa kurang pas manakala tidak menyuguhkan sesuatu yang memang memiliki kepribadian asli Trenggalek berdampingan bersama dengan suatu asimilasi dari luar.

"Jadi ini adalah satu bukti bahwa Kabupaten Trenggalek ini siap mengenal dunia luar tetapi tetap memiliki kepribadian yang kokoh. Dan inilah esensi daripada acara yang terselenggara kali ini. Dan saya menjamin bahwa yang paling megah untuk pelaksanaan kegiatan ini selama 3 hari kedepan adalah pertunjukkan tari turonggo yakso ini," tegas Emil.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Kusprigianto menuturkan bahwa dalam event tersebut tarian turonggo yakso dimaksudkan agar masyarakat lebih mengerti pemahaman daripada tarian yang menceritakan kekuatan antara murka dengan kebaikan yang pada akhirnya dimenangkan oleh kebaikan itu sendiri.

"Tarian ini mencerminkan perilaku dan kebijakan masyarakat, yang mana melihat karakter atau watak seseorang yang jahat atau kaku maka dapat diperangi dengan sikap kebaikan dan legowo. Dan kami berharap di event berikutnya akan lebih banyak mengundang peserta tari sehingga mampu mencapai hingga 3000 peserta atau bahkan lebih," pungkas Kuspri.


Foto : Ribuan peserta tari berlenggak-lenggok dihalaman Alun-Alun trenggalek

Reporter : Fals Yudistira

 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bupati Trenggalek Minta Diajari Jaranan Rating: 5 Reviewed By: Unknown