728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Jumat, 13 Februari 2015

BPBD Bojonegoro Perbaiki Tanggul Kali Pacal

Bojonegoro - Banjir bandang yang terjadi di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang rupanya menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mencatat, jebolnya tanggul Kali Pacal menenggelamkan lahan pertanian warga. Berdasarkan perhitungan kerugian mencapai mencapai Rp565 juta.

"Perincian kerugian itu didasarkan pada gagalnya penanaman padi seluas 20 hektare. Padi tersebut rusak dan tidak bisa dipanen. Sementara usia tanaman padi masih sangat muda," kata Kasi Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Bojonegoro Sukirno.

"Usia tanaman padi yang diterjang banjir bandang sekitar satu bulan." ucapnya.

Tak hanya tanaman padi, banjir juga menerjang ratusan rumah di wilayah itu. Akibatnya rumah warga banyak yang mengalami rusak berat.

Sukirno menambahkan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo sedang melakukan perbaikan tanggul Kali Pacal. Dan diperkirakan selesai dalam waktu dekat.

"Yang dikhawatirkan adalah munculnya banjir bandang susulan. Oleh karenanya tanggul itu harus segera diperbaiki. Kami juga sudah berkordinasi dengan anggota Kodim 0813 dan kepolisian, termasuk juga warga setempat untuk melakukan kerja bakti membersihkan lumpur sepanjang 270 meter. Dan syukurlah jalan sudah mulai dapat dilalui lagi," kata Sukirno.

Seperti diketahui BPBD juga membuka dapur umum untuk warga korban banjir. Ini dilakukan sementara hingga air benar-benar surut.

"Kami menyediakan sedikitnya 900 bungkus makanan siap saji untuk warga korban banjir," jelasnya. Al Khabib RM
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: BPBD Bojonegoro Perbaiki Tanggul Kali Pacal Rating: 5 Reviewed By: Unknown