728x90 AdSpace

 photo 720x90_zps7gcl6vrq.gif
Latest News
Senin, 11 Juli 2016

Longsor Di Trenggalek Lumpuhkan Akses Jalan 3 Desa

Trenggalek - Tingginya intensitas air hujan yang mengguyur kawasan desa Bangun Kecamatan Munjungan Kabupaten  Trenggalek Jawa Timur, mengakibatkan tebing setinggi 25 meter longsor. Tak hanya itu, parahnya material longsoran menutupi seluruh badan jalan pengubung 3 desa yakni Desa Bangun, Desa Bendoroto dan Desa Tawing.

Timbunan material longsor setinggi 3 meter dan lebar 3 meter ini menyebabkan akses jalan terputus total. Sehingga membuat berbagai jenis kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 tidak dapat melewati jalur tersebut.

Tak tinggal diam, melihat kondisi jalan penguhubung desa yang tertimbun material longsor warga setempat mencoba melakukan pembersihan dan menyingkirkan timbunan longsor menggunakan alat seadanya.

"Setidaknya dengan kerja keras warga setempat membantu membersihkan material longsor ini, sedikitnya akses jalan bisa dibuka kembali meski tidak sepenuhnya. Hanya saja, bagi pejalan kaki dan pengguna jalan roda 2 dapat melewati jalur ini namun tetap wasapada dan berhati-hati mengingat timbunan longsor sangat licin," ucap Puguh selaku Kepala Desa Bangun saat dikonfirmasi dilokasi kejadian.

Hingga siang hari juga tidak terlihat sejumlah alat berat yang diterjunkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) guna membantu warga setempat untuk mengecakuasi timbunan material longsor ini.

Masih terang Puguh, tebing ini memang sering kali mengalami longsor kami, Pemerintah Desa sudah mengajukan bantuan pembangunan tembok penahan tebing kepada Pemerintah Daerah

"Tetapi sampai bencana ini kembali terjadi, pengajuan bantuan tembok penahan tebing ini belum mendaat tanggapan dari Pemerintah Daerah. Warga hanya berharap Pemerintah Daerah segera merealisasi bantuan tersebut sehingga bencana seperti ini tidak kembali terjadi serta dapat diminimalisir," tegasnya.

Bencana longsor yang terjadi ini memang cukup memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat setempat, terlebih bagi akses jalan penghubung desa yang tidak bisa berfungsi.

Meski begitu dalam kejadian ini tidak mengakibatkan adanya korban jiwa sehingga proses evakuasi timbunan longsor berjalan lancar dibantu dengan aparat TNI/ Polri bersama-sama dengan warga setempat. (C1)

Foto : proses evakuasi timbunan material longsor didesa Bangun Munjungan
Redaktur : Fals Yudistira

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Longsor Di Trenggalek Lumpuhkan Akses Jalan 3 Desa Rating: 5 Reviewed By: Unknown